Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Siswa dan Guru SD - MI Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Buku Siswa dan Guru SD - MI Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017 merupakan pembaharuan dari buku kurikulum 2006. Ia juga merupakan pembaharuan dari buku dengan versi kurikulum yang sama namun dengan tahun revisi yang lebih lama.

Daftar isi

RINGKASAN BUKU SISWA DAN GURU SD -MI KELAS 1 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 SEMESTER 1 DAN 2

Pembaharuan kurikulum merupakan sebuah keniscayaan mengingat berkembang dan berubahnya lingkungan yang sangat cepat. Dengan berubahnya kurikulum, maka panduan yang digunakan (dalam hal ini termasuk buku) juga ikut berubah.

BACA JUGA:

Buku Siswa dan Guru SD - MI Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Buku Siswa dan Guru SD - MI Kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Buku Siswa dan Guru SD - MI Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Buku Siswa dan Guru SD - MI Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Buku Siswa dan Guru SD - MI Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Buku Siswa dan Guru SD - MI Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Buku menjadi panduan belajar bagi guru dan siswa atau peserta didik. Dalam kurikulum 2013 untuk jenjang sekolah tingkat dasar (SD dan MI), pengelompokan buku terbagi atas tema atau tematik. Setiap jenjang kelas, temanya bervariasi dan dikelompokkan dengan menggunakan angka, seperti tema 1 dan seterusnya. Pengelompokan materi berdasarkan tema ini mengubah peta pembelajaran yang sebelumnya dikelompokkan berdasarkan mata pelajaran (mapel).

Ketersediaan buku merupakan hal yang sangat penting dalam kelangsungan pembelajaran. Dengan berkembangnya teknologi, buku yang sedianya hanya berupa buku cetak sekarang dapat diakses dengan format elektronik atau lazim disebut buku elektronik. Pengistilahan ini sering menggunakan serapan dalam bahasa Inggris. Dengan demikian, buku elektronik sering pula disebut ebook.

Buku Guru

Kurikulum 2013 untuk jenjang sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah menggunakan pendekatan tematik terpadu dalam skema materi pembelajaran. Pendekatan ini tentu saja tidak berbasis mata pelajaran seperti pada kurikulum sebelumnya. Oleh sebab itu, buku guru hadir sebagai panduan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik terpadu. Buku guru ini dirancang sedemikian rupa sehingga materi yang ada di dalamnya diharapkan dapat meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran. Oleh sebab itu, buku guru kelas 1 kurikulum 2013 edisi revisi 2017 ini memuat hal-hal yang memudahkan guru untuk memudahkan guru dalam mencapai efektivitas pembelajaran yang pada gilirannya akan meningkatkan kinerja guru tersebut. Hal-hal penting yang termuat dalam buku guru adalah jaringan tema yang tersusun atas subtema yang terdapat kompetensi dasar dan indikator capaian pembelajarn, ruang lingkup dan tujuan pembelajaran, dan hal-hal lain yang merupakan fungsi vital dalam sebuah buku berbasis kurikulum 2013.

Buku guru kelas 1 kurikulum 2013 edisi revisi 2017 ini terdiri atas delapan buku yang dipergunakan selama dua semester. Setiap semester terdiri atas empat tema dan setiap tema terdiri atas empat subtema.

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang tidak kaku. Artinya, ia membuka ruang berimprovisasi bagi para guru dalam melaksanakan pembelajaran bersama para siswa atau peserta didik. Ruang improvisasi tersebut dapat terletak pada media atau sumber belajar alternatif dan alokasi waktu. Memang harus disadari bahwa ada beberapa faktor yang menyebabkan keunikan dalam pembelajaran. Potensi guru, sekolah, dan siswa dapat saja berbeda dari lingkungan pembelajaran yang satu dengan lingkungan pembelajaran yang lain. Oleh sebab itu, improvisasi menjadi tidak terelakkan. Namun demikian, improvisasi tidak boleh keluar jalur berupa pedoman kurikulum 2013 yang sudah ada.

Untuk menunjang dan memperlancar proses pembelajaran, guru sangat disarankan untuk membuat catatan mengenai proses pembelajaran. Catatan ini bersifat reflektif. Artinya, ia menunjukkan hal-hal yang terjadi selama proses pembelajaran dan terdapat umpan balik atau feedback terhadap proses pembelajaran yang telah dilaksanakan. Buku guru menyarankan untuk membuat refleksi setelah satu subtema selesai.

Buku Guru ini memang memberikan panduan yang jelas meskipun ia juga tetap membuka peluang untuk adanya pembaharuan. Meskipun demikian, hal yang sangat penting bagi tercapainya tujuan pembelajaran adalah partisipasi aktif dari siswa atau peserta didik. Guru dianjurkan untuk melibatkan seluruh siswa dalam proses pembelajaran. Pelibatan siswa ini didasari pada anggapan bahwa setiap siswa adalah pribadi yang unik dengan potensi yang beragam. Dengan demikian, guru dapat memetakan potensi setiap siswa dan memberikan perlakuan selama pembelajaran dengan lebih terukur sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan pendekatan yang terukur. Namun demikian, hal ini menjadi tidak mudah karena diperlukan komitmen kuat untuk mewujudkannya. Komitmen memang menjadi hal yang sangat penting mengingat mendidik tidak hanya memerlukan keterampilan akademik saja namun juga keterampilan emosional seperti kesabaran dan ketelatenan. Meski tidak ada kurikulum khusus untuk menjadi pribadi yang sabar dan telaten namun kedua hal tersebut dapat dilatih dan dibiasakan selama terdapat komitmen hati yang kuat.

Buku Siswa

Buku Siswa SD - MI Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017 merupakan buku panduan sekaligus buku aktivitas yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran. Dalam rangka meningkatkan minat siswa dalam belajar, buku siswa diisi dengan gambar dan warna dengan jumlah yang banyak. Hal ini diharapkan dapat memicu imajinasi siswa dalam proses pembelajaran. Hal yang umum dalam belajar adalah kurangnya minat peserta didik untuk berproses. Wajar kiranya jika buku dirancang dengan gambar dan warna dalam rangka meningkatkan minat dan mengurangi kejemuan atau kebosanan.

Skema isi buku secara umum pada kelas 1 SD - MI ini adalah bahwa Buku Kelas I terdiri dari empat tema. Setiap tema terdiri dari empat
subtema. Setiap subtema diuraikan ke dalam enam pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan untuk satu hari. Penjelasan lebih rinci tentang
aktivitas pembelajaran dituangkan pada Buku Guru.

Satu hal yang menarik dari buku siswa versi ini adalah bahwa ia tidak disertai lembar latihan. Hal ini dimaksudkan supaya guru dan murid lebih intensif dalam memaksimalkan kegiatan dalam proses pembelajaran alih-alih langsung meloncat pada latihan-latihan soal. Hal ini tentu saja mengandung filosofi bahwa belajar tidak harus diisi dengan problem solving yang bersifat mandiri. Ada hal yang lebih penting daripada itu yaitu perluasan perspektif dalam menyelesaikan masalah melalui kegiatan pembelajaran yang menyenangkan.

Meskipun disusun dengan penuh kecermatan dan kehati-hatian, produk manusia termasuk buku bukanlah produk final. Artinya, ia selalu membuka kesempatan untuk disempurnakan dengan cara dikoreksi, ditambahkan, atau dikurangkan dari materi yang sudah ada (existing). Begitu juga dengan buku siswa ini. Penulis menyediakan ruang bagi siapa saja untuk melakukan koreksi agar tercapai sebuah buku yang lebih berbobot dengan berbagai parameter yang ditentukan.

Download Buku Guru dan Siswa Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 1 Semester 1 dan 2 Revisi 2017

Bagi Anda yang membutuhkan buku dalam format elektronik atau ebook, tulisan ini menyediakan tautan atau link download. Buku yang dapat diunduh adalah buku untuk kelas 1 sekolah tingkat dasar (SD/MI), baik buku guru maupun buku siswa. Ketersediaan buku unduhan juga lengkap beserta dengan semesternya. Jadi, buku kurikulum 2013 yang tersedia diunduh meliputi buku semester 1 dan semester 2. 

Berikut adalah tautan unduhan Buku Siswa dan Guru Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 1 Semester 1 dan 2 Edisi  Revisi 2017.

Buku Siswa Kelas 1
Semester 1
Semester 2 
Buku Guru Kelas 1

Semester 1
Semester 2

Posting Komentar untuk "Buku Siswa dan Guru SD - MI Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017"