Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Perakitan Komputer SMK - MAK Kelas X Semester 1 - 2 Kurikulum 2013

Buku Perakitan Komputer SMK - MAK Kelas X Semester 1 - 2 Kurikulum 2013

Perakitan komputer merupakan matapelajaran yang membahas mulai dari perkembangan dari komputer yang ada di dunia mulai dari sebelum tahun 1940 dan sesudah tahun 1940. Selain itu juga akan membahas komponen – komponen yang ada pada komputer, baik komponen input, proses maupun output. Selain itu juga akan membahas tentang bagaimana melakukan perakitan komputer dari awal sampai dengan komputer dapat digunakan semestinya dibuktikan dengan pengolahan data menggunakan sistem operasi GUI dan aplikasi standart yang digunakan dalam kegiatan sehari – hari.

Perakitan komputer adalah salah satu mata pelajaran wajib dasar SMK -MAK program keahlian Teknik Komputer dan Informatika (TKI). Berdasarkan struktur kurikulum mata pelajaran perakitan komputer disampaikan di kelas X semester 1 dan semester dua masing-masing 4 jam pelajaran. Untuk semester 1 topik materi pembelajaran menekankan pada pengenalan komponen – komponen yang ada pada komputer dan proses perakitan komputer. Sedangkan untuk semester 2 topik materi pembelajaran menekankan pada pengujian hasil perakitan dengan melakukan instalasi sistem operasi, instalasi periferal dan program aplikasi.

Pembelajaran perakitan komputer ini menggunakan metode pendekatan scientific. Dalam pendekatan ini praktikum atau eksperimen berbasis sains merupakan bidang pendekatan ilmiah dengan tujuan dan aturan khusus, dimana tujuan utamanya adalah untuk memberikan bekal ketrampilan yang kuat dengan disertai landasan teori yang realistis mengenai fenomena yang akan kita amati. Ketika suatu permasalahan yang hendak diamati memunculkan pertanyaan- pertanyaan yang tidak bisa terjawab, maka metode eksperimen ilmiah hendaknya dapat memberikan jawaban melalui proses yang logis. Proses-proses dalam pendekatan scientifik meliputi beberapa tahapan (gambar 3) yaitu: mengamati, hipotesis atau menanya, mengasosiasikan atau eksperimen, mengumpulkan atau analisa data dan mengkomunikasikan. Proses belajar pendekatan eksperimen pada hakekatnya merupakan proses berfikir ilmiah untuk membuktikan hipotesis dengan logika berfikir.

Buku Perakitan Komputer ini terbagi menjadi dua jilid; jilid 1 dan jilid 2. Jilid satu digunakan untuk materi semester 1. Jilid dua digunakan untuk materi semester 2 yang dapat diunduh pada tautan berikut:

Download Buku Perakitan Komputer SMK - MAK Kelas X Semester 1 Jilid 1 Kurikulum 2013
Download Buku Perakitan Komputer SMK - MAK Kelas X Semester 2 Jilid 2 Kurikulum 2013

Posting Komentar untuk "Buku Perakitan Komputer SMK - MAK Kelas X Semester 1 - 2 Kurikulum 2013"