Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Siswa dan Guru Kelas 2 SD K13 Revisi 2017

Buku Siswa dan Buku Guru Kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan 2

Buku siswa dan guru kurikulum 2013 untuk kelas 2 jenjang SD dan MI semester 1 dan 2 telah mengalami beberapa kali revisi. Revisi terakhir pada saat tulisan ini diunggah adalah edisi revisi tahun 2017.

Daftar isi

RINGKASAN BUKU SISWA DAN GURU KELAS 2 SD/MI KURIKULUM 2013 REVISI 2017 SEMESTER 1 DAN 2

Buku siswa dan guru ini disusun dengan menggunakan pendekatan tema. Dengan kata lain, pendekatan yang digunakan adalah tematik. Tema untuk kelas 2 jenjang sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah terdiri atas delapan tema. Tema satu sampai dengan tema 4 digunakan untuk acuan pembelajaran pada semester 1. Tema lima sampai dengan tema delapan digunakan untuk acuan pembelajaran pada semester 2.

Buku guru digunakan untuk guru sebagai acuan mengajar dan buku siswa digunakan oleh siswa untuk acuan belajar. Namun demikian, guru juga harus mempunyai buku siswa untuk kepentingan mengajar.

Berikut adalah panduan yang hendaknya diperhatikan para guru kelas 2 SD dalam menggunakan buku guru:

1. Bacalah halaman demi halaman dengan teliti!
2. Pahamilah setiap Kompetensi Dasar yang dikaitkan dengan tema!
3. Upayakan untuk mencakup Kompetensi Inti (KI) I dan (KI) 2 dalam semua kegiatan pembelajaran. Guru diharapkan melakukan penguatan untuk mendukung pembentukan sikap, pengetahuan, dan perilaku positif!
4. Dukunglah ketercapaian Kompetensi Inti (KI) I dan (KI) 2 dengan kegiatan pembiasaan, keteladanan, dan budaya sekolah!
5. Cocokkanlah setiap langkah kegiatan yang berhubungan dengan buku siswa sesuai dengan halaman yang dimaksud!
6. Mulailah setiap kegiatan pembelajaran dengan memberikan pengantar sesuai dengan tema pembelajaran! Lebih baik lagi jika dilengkapi dengan kegiatan pembukaan yang menyenangkan dan membangkitkan rasa ingin tahu siswa. Misalnya bercerita, mengajukan pertanyaan yang menantang, menyanyikan lagu, menunjukkan gambar, dan sebagainya. Demikian juga pada saat menutup pembelajaran. Pemberian pengantar pada setiap perpindahan tema, subtema, dan pembelajaran, menjadi faktor yang sangat penting untuk memaksimalkan manfaat dan keberhasilan pendekatan tematik terpadu yang diuraikan dalam buku ini.
7. Kembangkan ide-ide kreatif dalam memilih metode pembelajaran!
Termasuk di dalamnya menemukan kegiatan alternatif apabila kondisi yang terjadi kurang sesuai dengan perencanaan (misalnya, siswa tidak bisa mengamati tanaman di luar kelas pada saat hujan).
8. Pilihlah beragam metode pembelajaran yang akan dikembangkan (misalnya, bermain peran, mengamati, bertanya, bercerita, bernyanyi, menggambar, dan sebagainya)! Penggunaan beragam metode tersebut, selain melibatkan siswa secara langsung, diharapkan juga dapat melibatkan warga sekolah dan lingkungan sekolah.
9. Kembangkanlah keterampilan berikut!
a. Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAILKEM),
b. Keterampilan bertanya yang berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat tinggi,
c. Keterampilan membuka dan menutup pembelajaran, dan d. Keterampilan mengelola kelas dan pajangan kelas.
10. Gunakanlah media atau sumber belajar alternatif yang tersedia di lingkungan sekolah!
11. Pada semester 2 terdapat 4 tema. Setiap tema terdiri atas 4 subtema.
Setiap subtema diuraikan ke dalam 6 pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan untuk satu hari.
12. Perkiraan alokasi waktu dapat merujuk pada struktur kurikulum! Meskipun demikian, alokasi waktu menurut mata pelajaran hanyalah sebagai petunjuk umum. Guru diharapkan menentukan sendiri alokasi waktu berdasarkan situasi dan kondisi di sekolah dan pendekatan tematik terpadu.
13. Pada akhir subtema buku siswa, dilengkapi dengan bahan-bahan latihan yang sejalan dengan pencapaian kompetensi. Meskipun demikian, guru dianjurkan untuk menambah bahan-bahan latihan bagi siswa dari sumber-sumber yang lain.
14. Hasil unjuk kerja siswa yang berupa karya dan bukti penilaian dapat berfungsi sebagai portofolio siswa.
15. Buatlah catatan refleksi setelah satu subtema selesai, sebagai bahan untuk melakukan perbaikan pada proses pembelajaran selanjutnya! Misalnya, faktor-faktor yang menyebabkan pembelajaran berlangsung dengan baik, kendala-kendala yang dihadapi, dan ide-ide kreatif untuk mengembangkan lebih lanjut.
16. Libatkan semua siswa tanpa kecuali dan yakini bahwa setiap siswa adalah cerdas dengan keunikan masing-masing! Dengan demikian, pemahaman tentang kecerdasan majemuk, gaya belajar siswa serta beragam faktor penyebab efektivitas dan kesulitan belajar siswa sangat dibutuhkan.
17. Demi pencapaian tujuan pembelajaran, diperlukan komitmen guru untuk mendidik sepenuh hati (antusias, kreatif, penuh cinta, dan kesabaran).

Buku Siswa Kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan 2 merupakan rujukan bagi siswa kelas 2 SD/MI dalam melaksanakan proses belajar. Isi dari buku tersebut dirancang sedemikian rupa sehingga memantik minat siswa dalam belajar. Kecuali sangat sedikit teks pelajaran membaca yang merupakan konsumsi siswa, wacana-wacana yang ada di buku siswa diperuntukkan bagi guru, bukan siswa. Meskipun demikian, mengingat siswa akan terpapar dengan teks-teks itu, khusus untuk buku kelas II penggunaan tanda baca hanya pada yang bersifat dasar dan seperlunya saja, seperti penggunaan huruf kapital di awal kalimat, penulisan nama dan penggunaan tanda titik (.), tanda koma (,), tanda hubung (-), dan tanda tanya (?). Namun, harus dipastikan bahwa tanda-tanda baca tersebut belum diajarkan kepada siswa.

Download Buku Siswa dan Buku Guru Kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan 2

Buku-buku dapat di-download dengan melakukan klik pada tautan berikut:

BUKU SISWA
  1. Buku Siswa Kelas 2 SD/MI Semester 1 Tema 1 = Hidup Rukun
  2. Buku Siswa Kelas 2 SD/MI Semester 1 Tema 2 = Bermain di Lingkunganku
  3. Buku Siswa Kelas 2 SD/MI Semester 1 Tema 3 = Tugasku Sehari-Hari
  4. Buku Siswa Kelas 2 SD/MI Semester 1 Tema 4 = Lingkunganku Bersih dan Sehat
  5. Buku Siswa Kelas 2 SD/MI Semester 2 Tema 5 = Aku dan Sekolahku
  6. Buku Siswa Kelas 2 SD/MI Semester 2 Tema 6 = Air Bumi dan Matahari
  7. Buku Siswa Kelas 2 SD/MI Semester 2 Tema 7 = Merawat Hewan dan Tumbuhan
  8. Buku Siswa Kelas 2 SD/MI Semester 2 Tema 8 = Keselamatan di rumah dan di Perjalanan
BUKU GURU
  1. Buku Guru Kelas 2 SD/MI Semester 1 Tema 1 = Hidup Rukun
  2. Buku Guru Kelas 2 SD/MI Semester 1 Tema 2 = Bermain di Lingkunganku
  3. Buku Guru Kelas 2 SD/MI Semester 1 Tema 3 = Tugasku Sehari-hari
  4. Buku Guru Kelas 2 SD/MI Semester 1 Tema 4 = Lingkunganku Bersih dan Sehat
  5. Buku Guru Kelas 2 SD/MI Semester 2 Tema 5 = Aku dan Sekolahku
  6. Buku Guru Kelas 2 SD/MI Semester 2 Tema 6 = Air Bumi dan Matahari
  7. Buku Guru Kelas 2 SD/MI Semester 2 Tema 7 = Merawat Hewan dan Tumbuhan
  8. Buku Guru Kelas 2 SD/MI Semester 2 Tema 8 = Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan

Posting Komentar untuk "Buku Siswa dan Guru Kelas 2 SD K13 Revisi 2017"