Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pedoman Pendidikan Sosial Finansial PAUD

Pedoman Pendidikan Sosial Finansial (PSF) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Buku Pedoman Pendidikan Sosial Finansial di Satuan PAUD adalah buku yang berisi terkait apa, mengapa dan bagaimana cara mengintegrasikan muatan Pendidikan Sosial Finansial dengan kurikulum di satuan atau lembaga PAUD. Melalui Buku Pedoman ini diharapkan setiap satuan PAUD dalam melaksanakan Pendidikan Sosial Finansial sesuai dengan arah, kebijakan dan ketentuan-ketentuan yang berlaku dan telah ditetapkan.

Pendidikan Sosial Finansial bagi anak usia dini dapat diartikan sebagai sebuah pembelajaran kepada anak usia dini terkait untuk membangun sikap dan pengetahuan terhadap nilai uang serta kemampuan mengelolanya. Yang dimaksud dengan membangun sikap dan pengetahuan terhadap nilai uang serta kemampuan mengelolanya yang bisa dikembangkan agar dapat hidup secara mandiri terkait dengan pengalaman pengelolaan keuangan keluarga.

Ada banyak manfaat memperkenalkan pendidikan sosial finansial sejak usia dini karena di usia dini anak sedang berada pada proses belajar untuk menumbuhkan sikap dan perilaku keuangan pribadi. Pendidikan memungkinkan seseorang meraih dan membuka kesempatan masa depan yang lebih baik. Melalui pendidikan karakter dan cara berfikir seseorang dibangun.Pendidikanlah yang akan mempersiapkan anak didik memahami realitas kehidupan yang dihadapi sehingga kelak ketika dewasa mampu hidup secara mandiri di tengah masyarakat. Membekali anak dengan pendidikan sosial finansial memungkinkan tersedianya anak didik yang tidak hanya nantinya siap bekerja untuk mencari uang, namun juga bagaimana cara mengelola uang.

Anak usia dini merupakan calon para pelaku berbagai aktivitas sosial maupun ekonomi dimasa depan. Kelak keputusan-keputusan yang ia ambil mempengaruhi perkembangan kehidupan masyarakatnya. Oleh karena itu penting menumbuhkan rasa menghargai terhadap segala sesuatu yang ada disekitarnya dan bertanggungjawab memanfaatkannya melalui kemampuan mengelola keuangan sejak dini. Paulson (2008) menyatakan bahwa fokus kunci pengembangan literasi finansial pada anak usia dini penting karena usia dini adalah kesempatan terbaik kita untuk membuat perbedaan dalam jangka panjang. Anak usia dini memiliki ketergantungan secara finansial pada orang tuanya dan belum dapat mengontrol sumber daya yang mereka miliki (Holden. K. et.all., 2013). Pada usia tersebut, anak dapat belajar konsep dasar tentang finansial, alat-alat untuk berbagi, dan alat-alat pembayaran yang memungkinkan bagi anak untuk lebih dini dan lebih mudah mengelola tantangan keuangan di masa depan sehingga lebih terjamin keamanan finansialnya. Upaya untuk meningkatkan kemampuan tersebut, tentunya harus dilakukan sesuai dengan tahapan perkembangan serta memperhatikan kebutuhan anak usia dini.

Buku Pedoman Pendidikan Sosial Finansial (PSF) di Satuan Pendidikan Anak Usia DIni (PAUD) dapat di-download DI SINI

Posting Komentar untuk "Pedoman Pendidikan Sosial Finansial PAUD"