Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Silabus SD-MI Kurikulum 2013 Kelas 1 Semester 1 dan 2


Silabus SD Kelas 1 Kurikulum 2013

Silabus merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran. Ia merupakan induk dari perencanaan pembelajaran yang bermanfaat sebagai dasar dalam pembuatan RPP atau rencana pelaksanaan pembelajaran.

Setiap guru harus mempunyai rencana yang terukur dalam pembelajaran. Panduan ini haruslah sebangun atau kongruen dengan arah kebijakan pemerintah berupa kurikulum. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah menerapkan Kurikulum 2013 sebagai dasar pengembangan arah pendidikan. Penyusunan silabus harus memperhatikan beberapa hal antara lain kompetensi inti, kompetensi dasar, materi pembelajaran, alokasi waktu, dan sumber belajar yang digunakan.

Sesuai dengan kurikulum 2013 terbaru, materi pembelajaran disusun dalam format tematik. Untuk kelas 1 SD dan MI, materi tersusun menjadi delapan tema. Setiap tema terdiri atas empat subtema. Dengan demikian, silabus terdiri atas enam belas subtema.

Kompetensi inti dan kompetensi dasar kemudian dijabarkan dalam materi pembelajaran. Untuk ini, setiap guru seharusnya mengacu pada buku pembelajaran kelas 1 SD-MI Kurikulum 2013. Buku tersebut dikelompokkan berdasarkan penggunanya; guru dan siswa.

Berikut adalah tautan unduhan (download) silabus kelas 1 SD-MI semester 1 dan 2 kurikulum 2013: 

SILABUS KELAS 1 SD-MI SEMESTER 1
SILABUS KELAS 1 SD-MI SEMESTER 2

Posting Komentar untuk "Silabus SD-MI Kurikulum 2013 Kelas 1 Semester 1 dan 2"