Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Siswa dan Guru SD - MI Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Buku Siswa dan Guru SD - MI Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Buku siswa dan guru untuk SD dan MI Kelas 5 ini merupakan buku yang disusun dengan pendekatan Kurikulum 2013 yang telah mengalami revisi. Revisi yang ada saat tulisan ini diunggah adalah revisi tahun 2017. Buku pada tulisan ini digunakan untuk semester 1 dan semester 2

Daftar isi

RINGKASAN BUKU

Buku siswa dan guru untuk kelas 5 SD dan MI ini telah mengalami beberapa kali revisi yang tentu saja disesuaikan dengan dinamika yang terjadi. Dinamika tersebut dapat berupa perubahan pada masyarakat, perubahan lingkungan, dan perubahan-perubahan lain yang menuntut direvisinya buku tersebut.

Buku disusun dengan menggunakan pendekatan Kurikulum 2013 yang bertujuan untuk mengembangkan dan mengoptimalkan potensi siswa dalam aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Proses pencapaian kompetensi siswa tersebut dilaksanakan dengan mengkombinasikan ketiga aspek tersebut melalui pendekatan tematik terpadu. Dengan demikian, buku tersusun dengan basis tema. Untuk kelas 5 SD dan MI, buku pokok terdiri atas sembilan tema yang diselesaikan dalam dua semester. Semester 1 terdapat lima tema. Tiap tema terdiri atas 3 subtema yang diuraikan ke dalam 6 pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan untuk 1 hari. Semester 2 terdapat empat tema. Tiap tema terdiri atas 3 subtema yang diuraikan ke dalam 6 pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan untuk 1 hari.

BACA JUGA

Buku Siswa dan Guru SD Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Buku Siswa dan Guru Kelas 2 SD K13 Revisi 2017
Download Buku Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 1 Revisi 2017/2018

Buku Guru SD - MI Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini disusun agar guru mendapat gambaran yang jelas dan rinci dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Adapun buku ini berisi sebagai berikut.

1. Jaringan tema yang memberi gambaran kepada guru tentang suatu tema yang melingkupi beberapa kompetensi dasar (KD) dan indikator dari berbagai mata pelajaran.
2. Kegiatan pembelajaran tematik terpadu untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir.
3. Pengalaman belajar yang bermakna untuk membangun sikap dan perilaku positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menyelesaikan masalah, inkuiri, kreativitas, dan pribadi reflektif.
4. Berbagai teknik penilaian peserta didik.
5. Informasi yang menjadi acuan kegiatan remedial dan pengayaan.
6. Kegiatan interaksi guru dan orang tua yang memberikan kesempatan kepada orang tua untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan belajar peserta didik di rumah.
7. Petunjuk penggunaan buku peserta didik.

Buku Siswa SD - MI Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini merupakan buku panduan sekaligus buku aktivitas yang akan memudahkan para siswa kelas 5 SD - MI terlibat aktif dalam pembelajaran. Ia dilengkapi dengan penjelasan lebih rinci tentang isi dan penggunaan buku sebagaimana dituangkan dalam Buku Guru. Yang menarik dari buku-buku ini adalah dengan dimungkinkannya maksimalisasi potensi semua sumber belajar yang berada di lingkungan sekitar guru dan siswa. Dengan demikian, ia mendekatkan para peserta didik dengan materi yang tengah dipelajari. Namun demikian, ia tetaplah harus sesuai dengan situasi dan kondisi siswa, guru, sekolah, dan lingkungan. Hal ini menjadi menarik karena para guru mempunyai kewenangan untuk mengembangkan kegiatan pembelajaran sesuai dengan konteks lingkungan yang dihadapi namun tetap dengan berpedoman pada acuan kurikulum yang ada.

Pada akhirnya, segala macam materi pembelajaran pada buku siswa dan guru kelas 5 SD/MI ini harus merujuk pada kompetensi inti Kelas 5 SD/MI sebagai berikut:

1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, tetangga, dan negara.
3. Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4. Menunjukkan keterampilan berpikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.

DOWNLOADBUKU SISWA DAN GURU SD - MI KELAS 5 KURIKULUM 2013 REVISI 2017

Bagian download dari tulisan ini dibagi menjadi dua yaitu untuk buku siswa dan buku guru. Buku siswa dan buku guru tersebut kemudian dibagi menjadi tiap semester yang terdiri atas semester 1 dan semester 2. Berikut adalah tautan download-nya:

Buku Siswa Kelas 5 SD/MI Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 revisi tahun 2017

Semester 1
  1. Buku Siswa Kelas 5 SD/MI Semester 1 Tema 1 = Organ Gerak Hewan dan Manusia
  2. Buku Siswa Kelas 5 SD/MI Semester 1 Tema 2 = Udara Bersih
  3. Buku Siswa Kelas 5 SD/MI Semester 1 Tema 3 = Makanan Sehat
  4. Buku Siswa Kelas 5 SD/MI Semester 1 Tema 4 = Organ Peredaran Darah Hewan dan Manusia
  5. Buku Siswa Kelas 5 SD/MI Semester 2 Tema 5 = Ekosistem
Semester 2
  1. Buku Siswa Kelas 5 SD/MI Semester 2 Tema 6 = Kalor dan Perpindahannya
  2. Buku Siswa Kelas 5 SD/MI Semester 2 Tema 7 = Benda-Beda di Sekitar
  3. Buku Siswa Kelas 5 SD/MI Semester 2 Tema 8 = Peristiwa dalam Kehidupan
  4. Buku Siswa Kelas 5 SD/MI Semester 2 Tema 9 = Lingkungan Sahabat Kita
Buku Guru Kelas 5 SD/MI Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi tahun 2017

Semester 1
  1. Buku Guru Kelas 5 SD/MI Semester 1 Tema 1 = Organ Gerak Hewan dan Manusia
  2. Buku Guru Kelas 5 SD/MI Semester 1 Tema 2 = Udara Bersih
  3. Buku Guru Kelas 5 SD/MI Semester 1 Tema 3 = Makanan Sehat
  4. Buku Guru Kelas 5 SD/MI Semester 1 Tema 4 = Organ Peredaran Darah Hewan dan Manusia
  5. Buku Guru Kelas 5 SD/MI Semester 2 Tema 5 = Ekosistem
Semester 2
  1. Buku Guru Kelas 5 SD/MI Semester 2 Tema 6 = Kalor dan Perpindahannya
  2. Buku Guru Kelas 5 SD/MI Semester 2 Tema 7 = Benda-Beda di Sekitar
  3. Buku Guru Kelas 5 SD/MI Semester 2 Tema 8 = Peristiwa dalam Kehidupan
  4. Buku Guru Kelas 5 SD/MI Semester 2 Tema 9 = Lingkungan Sahabat Kita

Posting Komentar untuk "Buku Siswa dan Guru SD - MI Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2017"