Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Siswa-Guru Kelas 11 SMA-SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017

 Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 11 SMA - MA dan SMK - MAK Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Buku siswa dan buku guru untuk kelas II/XI ini diperuntukkan bagi baik siswa maupun guru kelas 11 sekolah menengah atas (SMA) atau madrasah aliyah (MA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK) atau madrasah aliyah kejuruan (MAK). Buku siswa dan buku guru ini didesain dengan pendekatan Kurikulum 2013. Edisi buku yang diunggah pada tulisan ini menggunakan Edisi Revisi 2017.

SEKILAS BUKU SISWA DAN BUKU GURU KELAS 11/XI SMA/MA DAN SMK-MAK KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2017


Buku siswa dan buku guru yang diunggah dalam tulisan ini didesain sedemikian rupa sehingga ia tetap mengikuti kaidah-kaidah pembelajaran yang termaktub dalam Kurikulum 2013. Setiap buku, baik untuk siswa dan guru, harus berpegang pada kompetensi inti dan kompetensi dasar sehingga ia mampu menjadi fasilitator kegiatan belajar mengajar yang bermutu yang dapat dijadikan rujukan utama, baik oleh guru maupun siswa atau peserta didik.

Buku yang diunggah pada tulisan ini merupakan rujukan resmi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Ia digunakan untuk kelas XI baik pada jenjang SMA - MA dan SMK - MAK. Dengan kata lain, buku yang diunggah pada tulisan ini hanya merupakan buku yang merupakan interseksi atau persinggungan mata pelajaran baik di SMA - MA dan SMK - MAK kelas XI/11. Untuk buku yang lebih spesifik untuk penjurusan ditulis pada tulisan yang lain.

Buku sebagai sebuah karya manusia tentu saja tidak lepas dari kekurangan. Kekurangan dapat disebabkan oleh beberapa hal. Tetapi biasanya pada edisi yang diperbaharui, buku diperbaiki karena faktor perubahan peraturan atau disesuaikan dengan perkembangan jaman biar ia tetap relevan sebagai rujukan materi pembelajaran. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 11 SMA - MA dan SMK - MAK Kurikulum 2013 ini juga telah melalui beberapa revisi agar tetap relevan sebagai rujukan pembelajaran. Buku yang diunggah pada tulisan ini adalah edisi revisi 2017. Sebagaimana diketahui bahwa buku kelas XI ini telah mengalami beberapa kali revisi. Edisi revisi tahun 2017 ini tentu saja bukan merupakan revisi terakhir. Penulis sendiri menyatakan bahwa buku sangat terbuka terhadap kritik atau masukan sehingga ia tetap relevan sebagai rujukan pembelajaran, baik bagi guru dan siswa atau peserta didik kelas XI pada jenjang SMA-MA dan SMK-MAK.

Buku yang diunggah pada tulisan ini bukan merupakan rujukan tunggal. Sesuai dengan pedoman kurikulum 2013 terbaru, guru sebagai salah satu fasilitator pembelajaran hendaknya menambah bahan ajar yang relevan dengan materi pembelajaran. Dengan demikian, kurikulum 2013 ini menyediakan fleksibilitas dalam memilih materi pembelajaran sepanjang sesuai dengan tujuan pembelajaran pada materi spesifik yang diajarkan untuk mata pelajaran tertentu.

Buku Siswa Kelas 11 SMA - MA dan SMK - MAK Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Semester 1 dan Semester 2

Buku siswa dalam tulisan ini terdiri atas buku siswa yang merupakan interseksi atau persinggungan antara mata pelajaran yang sama-sama diajarkan pada siswa kelas II, baik SMA - MA dan SMK - MAK. Untuk mata pelajaran lain yang spesifik diunggah sendiri pada tulisan lain di situsweb ini.

Buku siswa yang diunggah pada tulisan ini mempunyai variasi dalam jumlah buku selama satu tahun pelajaran. Ada beberapa buku mata pelajaran yang hanya terdiri atas satu jilid saja untuk digunakan selama satu tahun pelajaran. Dengan demikian, satu buku mata pelajaran digunakan untuk dua semester (semester 1 dan semester 2). Ada pula buku mata pelajaran yang terdiri atas dua jilid buku yang digunakan untuk satu tahun pelajaran. Dengan demikian, setiap semester menggunakan satu jilid buku.

Buku siswa untuk kelas XI ini terdiri atas beberapa mata pelajaran antara lain: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sejarah Indonesia, Pendidikan Agama dan Budi Pekerti yang terdiri atas mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti, Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti, Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti, Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti, Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekeri, Matematika, Prakarya dan Kewirausahaan, Seni Budaya, Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan atau PJOK atau sering pula disebut dengan Penjasorkes.

Seperti telah disinggung di atas, buku siswa bukan merupakan satu-satunya acuan belajar bagi siswa. Pada era dimana informasi sangat mudah diakses sekarang ini, materi belajar dapat diperoleh dengan sangat mudah. Namun demikian, acuan belajar yang didapat dari luar buku pegangan siswa ini haruslah sesuai dengan konteks pembelajaran dengan mengacu pada kompetensi dasar dan kompetensi inti serta materi pembelajaran spesifik yang terdapat dalam silabus.

Buku Guru Kelas 11 SMA - MA dan SMK - MAK Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Semester 1 dan Semester 2

Buku guru untuk kelas XI/11 SMA - MA dan SMK - MAK ini menggunakan acuan kurikulum 2013. Edisi yang digunakan adalah edisi revisi 2017. Buku guru berfungsi sebagai buku pegangan guru dalam melaksanakan pembelajaran. Buku guru juga berfungsi sebagai semaacam penjelas bagi buku siswa. Dengan demikian, seorang guru mata pelajaran di kelas XI memegang paling tidak dua buku, yaitu buku guru dan buku siswa.

Secara garis besar, sebagian besar buku guru untuk kelas XI/11 SMA - MA dan SMK - MAK kurikulum 2013 edisi revisi 2017 ini terdiri atas bab sesuai dengan konten atau isi pada buku siswa. Perbedaannya adalah bahwa buku guru memuat hal-hal fundamental atau mendasar mengenai bagaimana guru dalam melaksanakan pembelajaran untuk mata pelajaran terkait. Hal-hal fundamental tersebut antara lain terdiri atas kompetensi inti, kompetensi dasar dari materi pembelajaran, tujuan pembelajaran, proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, dan remedial. Hal-hal tersebut menjadi semacam pedoman bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran.

Namun demikian, seperti telah disinggung sebelumnya, hendaknya para guru mata pelajaran juga menggunakan sumber lain sebagai materi pembelajaran mengingat perkembangan jaman yang dinamis yang memungkinkan materi pembanding untuk diakses secara mudah dengan bantuan teknologi internet. Aapalgi untuk anak SMA yang berbeda generasi dengan gurunya. Anak-anak jaman sekarang mempunyai literasi yang cukup baik dalam bidang teknologi. Sudah sangat banyak anak-anak usia pendidikan menengah atas (SMA-MA dan SMK-MAK) yang memegang gawai dan mengakses informasi melalui gawai tersebut di mana saja dan kapan saja asal terdapat koneksi internet.

Seperti halnya buku siswa, buku guru untuk kelas XI/11 SMA - MA dan SMK - MAK kurikulum 2013 edisi revisi 2017 yang diunggah pada tulisan ini terdiri atas beberapa mata pelajaran, antara lain Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sejarah Indonesia, Pendidikan Agama dan Budi Pekerti yang terdiri atas mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti, Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti, Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti, Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti, Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekeri, Matematika, Prakarya dan Kewirausahaan, Seni Budaya, Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan atau PJOK atau sering pula disebut dengan Penjasorkes.

Berbeda dengan buku siswa, buku guru hanya terdiri atas satu jilid untuk digunakan selama satu tahun pelajaran. Dengan demikian, satu jilid buku digunakan untuk jenjang kelas tertentu selama dua semester (semester satu dan semester dua).

DOWNLOAD BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS 11 SMA - MA DAN SMK - MAK KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2017 SEMESTER 1 DAN SEMESTER 2


Seperti halnya pada buku guru dan buku siswa kelas X jenjang SMA-MA dan SMK-MAK, organisasi unduhan pada bagian download ini dibagi menjadi tipe atau jenis buku, yaitu buku siswa dan buku guru. Tidak seperti buku SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6, organisasi unduhan tidak dibagi berdasarkan semester karena hampir semua buku untuk mata pelajaran hanya terdiri atas satu jilid yang penggunaannya meliputi semester 1 dan semester 2.

Demikian halnya dengan buku guru. Buku guru juga tidak dibagi berdasarkan semester karena buku guru untuk hampir semua mata pelajaran terdiri atas satu buku untuk penggunaan selama satu tahun pelajaran yang meliputi semester 1 dan semester 2.

Berikut adalah tautan download Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 11 SMA - MA dan SMK - MAK Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Semester 1 dan Semester 2.

BUKU SISWA
BUKU GURU
Terima kasih telah mengakses halaman ini. Jika ada kesalahan dalam penulisan atau tautan yang tidak tepat, kami sangat berterima kasih kepada pembaca atas masukannya melalui kolom komentar.

Posting Komentar untuk "Buku Siswa-Guru Kelas 11 SMA-SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017"