Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Siswa dan Guru SD - MI Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Buku Siswa dan Guru SD -MI Kelas 6 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Semester 1 dan Semester 2

Buku siswa kelas 6 SD - MI Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 ini merupakan buku yang disiapkan untuk digunakan sebagai acuan pembelajaran untuk jenjang sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah dengan menggunakan revisi terbaru, yaitu revisi tahun 2018 yang notabene merupakan revisi termutakhir pada saat tulisan ini diunggah.

Daftar isi

RINGKASAN BUKU

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah melakukan berbagai usaha dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. Salah satunya adalah dengan terus memperbaharui kurikulum. Kurikulum terbaru yang diacu adalah Kurikulum 2013 yang lebih menekankan pembelajaran dengan metoda saintifik. Salah satu instrumen dari kurikulum adalah materi pembelajaran. Seiring dengan berubahnya kurikulum yang diacu maka referensi atau acuan pembelajaran juga ikut berubah. Salah satunya adalah pada penggunaan buku yang dijadikan acuan pembelajaran. Melalui berbagai usaha, buku kurikulum 2013 hadir di kalangan guru dan siswa. Namun demikian, seiring dengan berkembangnya dinamika yang terjadi pada masyarakat terutama dunia pendidikan, buku-buku untuk kurikulum 2013 ini juga mengalami beberapa kali revisi. Revisi terakhir pada saat tulisan ini diunggah adalah revisi tahun 2018.

BACA JUGA:

Buku Siswa dan Guru SD - MI Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Buku Siswa dan Guru SD - MI Kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Buku Siswa dan Guru SD - MI Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Buku Siswa dan Guru SD - MI Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Buku Guru

Buku Guru SD - MI Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 merupakan buku yang dijadikan acuan pembelajaran bagi guru kelas 6 SD atau MI. Buku Guru memiliki dua fungsi, yaitu sebagai petunjuk penggunaan buku siswa dan sebagai acuan kegiatan pembelajaran di kelas. Buku guru pada tulisan ini mencakup sembilan tema. Karena masing-masing tema diwujudkan dalam satu buku, maka terdapat sembilan buku sesuai dengan temanya masing-masing. A Lima tema pertama untuk semester 1 dan empat tema selebihnya digunakan untuk semester 2. Adapaun tema untuk kelas 6 SD atau MI ini adalah sebagai berikut: Tema 1: Selamatkan makhluk hidup, Tema 2: Persatuan dalam Perbedaan, Tema 3: Tokoh dan Penemuan, Tema 4: Globalisasi, Tema 5: Wirausaha, Tema 6: Menuju Masyarakat Sejahtera, Tema 7: Kepemimpinan, Tema 8: Bumiku, dan Tema 9: Menjelajah Luar Angkasa. Buku merupakan sumber materi dalam pembelajaran. Meskipun demikian, dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas, guru dituntut untuk kreatif dalam mengembangkan dan mengaplikasikan strategi pembelajaran. Strategi pembelajaran yang tepat diharapkan dapat mengoptimalkan potensi siswa dalam memahami materi sehinggan diharapkan dapat sesuai dengan pencapaian target belajar sesuai dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar.

Terdapat banyak sumber pembelajaran karena pada prinsipnya belajar dapat dilakukan dimana saja. Buku guru dan siswa kelas 6 SD - MI kurikulum 2013 edisi revisi 2018 ini adalah salah satu sumber belajar yang otoritatif dan telah melalui berbagai macam evolusi sebagai sebuah buku acuan. Akan tetapi, guru diharapkan dapat menggunakan media atau sumber belajar yang lain yang diharapkan dapat mendekatkan konteks pembelajaran sehingga proses belajar mengajar berlangsung dengan lebih menyenangkan dan berhasil guna.

Sebagai sebuah catatan, guru adalah profesi yang banyak orang menjadikannya sebagai profesi karena panggilan hati. Oleh sebab itu, maka demi tercapainya tujuan pembelajaran, para guru dituntut untuk bekerja dengan sepenuh hati. Buku yang canggih sekalipun tak akan berhasil guna jika ia digunakan untuk mengajar oleh orang yang tidak melibatkan cinta dan segenap jiwa dalam menjalankan profesinya.

Buku Siswa

Buku Siswa SD - MI Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 merupakan buku panduan sekaligus buku aktivitas yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran. Pada semester 1 terdapat lima tema dan semester 2 terdapat empat tema. Basis atau penyusunan buku ini adalah basis kegiatan yang berarti bahwa kegiatan pembelajaran disusun dengan pendekatan kegiatan yang terdiri atas membaca, menulis, berdiskusi, berlatih, mengamati, dan lain-lain kegiatan yang diharapkan dapat menambah pemahaman siswa secara kognitif, membentuk sikap dan perilaku, serta menambah keterampilan sesuai dengan tema dan subtema yang dipelajari. Karena terdapat berbagai macam alternatif kegiatan, maka guru diharapkan dapat mengembangkan ide-ide segar dan kreatif dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran namun tetap sesuai dengan panduan kurikulum yang ada.

Buku ini juga sangat mengharapkan partisipasi orang tua atau wali siswa dalam pembelajaran. Merujuk pada premis tersebut, pada setiap akhir kegiatan pembelajaran terdapat saran-saran mengenai kegiatan-kegiatan pembelajaran yang dapat dilaksanakan siswa dan wali siswa secara bersama-sama. Dengan demikian, terdapat rantai yang tidak putus dalam komponen pendidikan, yaitu siswa, guru, sekolah, masyarakat, dan keluarga.

DOWNLOAD BUKU SISWA DAN GURU SD - MI KELAS 6 KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2018 SEMESTER 1 DAN SEMESTER 2

Untuk mempermudah dalam melakukan download, skema tulisan bagian download ini akan dipetakan berdasarkan jenis buku (siswa dan guru). Setiap jenis buku dikelompokkan berdasarkan semester (semester 1 dan semester 2).

Berikut adalah tautan download-nya:

BUKU SISWA SD - MI KELAS 6 KURIKULUM 2013 REVISI 2018

Buku Siswa SD - MI Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1:
  1. Buku Siswa Kelas 6 SD/MI Semester 1 Tema 1 Selamatkan makhluk hidup
  2. Buku Siswa Kelas 6 SD/MI Semester 1 Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan
  3. Buku Siswa Kelas 6 SD/MI Semester 1 Tema 3 Tokoh dan Penemuan
  4. Buku Siswa Kelas 6 SD/MI Semester 1 Tema 4 Globalisasi
  5. Buku Siswa Kelas 6 SD/MI Semester 1 Tema 5 Wirausaha
Buku Siswa SD - MI Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 2:
  1. Buku Siswa Kelas 6 SD/MI Semester 2 Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera
  2. Buku Siswa Kelas 6 SD/MI Semester 2 Tema 7 Kepemimpinan
  3. Buku Siswa Kelas 6 SD/MI Semester 2 Tema 8 Bumiku
  4. Buku Siswa Kelas 6 SD/MI Semester 2 Tema 9 Menjelajah Luar Angkasa
BUKU GURU SD - MI KELAS 6 KURIKULUM 2013 REVISI 2018
  1. Buku Guru Kelas 6 SD/MI Semester 1 Tema 1 Selamatkan makhluk hidup
  2. Buku Guru Kelas 6 SD/MI Semester 1 Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan
  3. Buku Guru Kelas 6 SD/MI Semester 1 Tema 3 Tokoh dan Penemuan
  4. Buku Guru Kelas 6 SD/MI Semester 1 Tema 4 Globalisasi
  5. Buku Guru Kelas 6 SD/MI Semester 1 Tema 5 Wirausaha
Buku Guru SD - MI Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 2:
  1. Buku Guru Kelas 6 SD/MI Semester 2 Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera
  2. Buku Guru Kelas 6 SD/MI Semester 2 Tema 7 Kepemimpinan
  3. Buku Guru Kelas 6 SD/MI Semester 2 Tema 8 Bumiku
  4. Buku Guru Kelas 6 SD/MI Semester 2 Tema 9 Menjelajah Luar Angkasa

Posting Komentar untuk "Buku Siswa dan Guru SD - MI Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018"