Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Siswa dan Guru SD - MI Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Sampul Buku Siswa dan Guru SD - MI Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1 dan 2

Buku Siswa dan Guru SD - MI Kelas 3 Kurikulum 2013 Edisi Revisi Tahun 2018 ini merupakan buku acuan terbaru bagi para guru dan siswa SD - MI dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran untuk semester 1 (ganjil) dan semester 2 (genap). Edisi revisi tahun 2018 dari buku ini merupakan edisi termutakhir pada saat tulisan ini diunggah.

Daftar isi

RINGKASAN BUKU

Kegiatan pembelajaran tentu saja membutuhkan buku acuan dalam pelaksanaannya. Buku guru dan buku siswa ini hadir untuk memenuhi materi pembelajaran yang disesuaikan dengan kurikulum terbaru, yaitu Kurikulum 2013. Buku yang dimaksud dalam tulisan ini terdiri atas dua buku utama, yaitu buku guru dan buku siswa. Tulisan ini menghadirkan buku guru dan siswa tersebut lengkap untuk semester 1 dan semester 2. Buku siswa dan guru ini disusun dengan menggunakan pendekatan tema atau bersifat tematik. Satu tema direpresentasikan oleh satu buku. Untuk kelas 3 SD dan MI terdapat delapan tema. Tema 1 sampai dengan Tema 4 digunakan untuk semester ganjil dan Tema 5 sampai dengan Tema 8 dipergunakan untuk semester 2 (genap).

BACA JUGA:

Buku Siswa dan Guru SD - MI Kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Buku Siswa dan Guru SD - MI Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Buku Siswa dan Guru SD - MI Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Buku Siswa dan Guru SD - MI Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Adapun tema-tema untuk kelas 3 SD - MI adalah sebagai berikut:

Tema 1: Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Tema 2: Menyayangi Tumbuhan dan Hewan
Tema 3: Benda di Sekitarku
Tema 4: Kewajiban dan Hakku
Tema 5: Cuaca
Tema 6: Energi dan Perubahannya
Tema 7: Perkembangan Teknologi
Tema 8: Praja Muda Karana

Buku Guru

Buku Guru SD - MI Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018 disusun untuk memudahkan para guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik terpadu. Perbedaan buku ini dengan buku guru edisi sebelumnya adalah bahwa buku guru tidak lagi dilengkap dengan kompetensi inti 1 dan kompetensi inti 2 kecuali untuk Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Hal ini merupakan perwujudan dari arahan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Buku guru ini disusun dengan berbasis Kompetensi Dasar yang berasal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Lebih jauh, buku guru ini telah melalui proses penelaahan kembali, evaluasi, dan penyuntingan di bawah arahan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Meskipun buku guru untuk kelas 3 SD - MI ini telah melalui proses yang panjang dalam hal penyusunan, kehadiran bahan-bahan belajar penunjang yang lain tetaplah dibutuhkan. Kemajuan jaman saat ini memungkinkan guru dan siswa untuk menambah bahan bacaan dengan sangat mudah yang ditunjang oleh hadirnya teknologi internet.

Meskipun telah dirancang dengan berbagai kehati-hatian dan ketelitian yang tinggi sehingga menjadi buku yang diacu secara nasional, peran guru tetaplah yang utama dalam kegiatan pembelajaran. Dalam mengaplikasikan konten atau isi dari buku guru ke dalam kegiatan pembelajaran, guru dituntut untuk kreatif dan jeli dalam memilih metode pembelajaran yang sesuai dan relevan. Dengan memilih metode pembelajaran yang sesuai, kegiatan yang dipilih dalam pembelajaran juga menuntut kreativitas guru dalam menerapkannya dalam kegiatan pembelajaran. Pada akhirnya, keterlibatan siswa secara langsung dalam pembelajaran yang bersifat partisipatif adalah merupakan harapan dari proses pembelajaran karena kegiatan yang dapat mengembangkan partisipasi aktif siswa secara teoritis dapat lebih meningkatkan aspek penting dari kompetensi siswa berupa pemahaman, sikap, dan keterampilan.

Buku Siswa

Buku Siswa SD - MI Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018 merupakan buku panduan sekaligus buku kegiatan yang diharapkan dapat memudahkan siswa atau peserta didik dalam pembelajaran. Salah satu pemikiran dasar dari Kurikulum 2013 adalah perubahan paradigma dalam keterlibatan siswa. Pada jaman dahulu, pembelajaran berpusat pada guru sehingga terkesan siswa hanya diposisikan sebagai "objek" dan bukan subjek. Hal ini tentu saja menjadi kurang sesuai dengan perkembangan jaman yang menuntut partisipasi aktif dalam rangka membuat perubahan dan menyesuaikan diri dengan perubahan. Mentalitas aktif dalam belajar kemudian dianggap sangat perlu dalam menyikapi perkembangan jaman yang sangat dinamis.

Salah satu kendala yang dihadapi siswa dalam belajar disebabkan oleh sumber belajar (dalam hal ini terutama buku) yang tidak menarik. Ketidakmenarikan bisa saja disebabkan oleh tampilan dan konten buku yang monoton. Buku Siswa Kurikulum 2013 untuk kelas 3 SD - MI ini disusun dengan memperbanyak grafik atau gambar dan warna dengan harapan ia dapat merangsang minat siswa untuk belajar.

Pada akhirnya, proses belajar tentu tidak hanya berhenti di sekolah saja. Pendidikan sudah barang tentu merupakan tanggung jawab bersama antara guru, sekolah, siswa, dan orang tua atau wali. Buku Siswa untuk Kelas 3 SD - MI ini menyediakan kolom untuk orang tua atau wali siswa di setiap akhir pembelajaran. Harapannya adalah agar tercipta interaksi belajar antara siswa dengan orang tua atau walinya. Sinergisitas belajar tentu saja diharapkan agar dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran. Lebih lanjut, dengan dimungkinkannya interaksi antara siswa dengan orang tua atau wali maka diharapkan meningkatkan hubungan batiniah atau emosional antara siswa dengan walinya. Hal ini tentu saja menuntut kesediaan orang tua atau wali dengan cara meluangkan waktu untuk berinteraksi belajar dengan buah hati mereka.

Konten atau isi buku siswa dapat dipetakan dengan sederhana. Buku Kelas 3i ni terdiri atas delapan (8) tema. Setiap tema terdiri atas empat (4) subtema. Setiap subtema diuraikan ke dalam enam pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan untuk satu hari. Penjelasan lebih rinci tentang aktivitas pembelajaran dituangkan pada Buku Guru.

DOWNLOAD BUKU SISWA DAN GURU SD -MI KELAS 3 KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2018 SEMESTER 1 DAN SEMESTER 2

Berikut adalah tautan download-nya:

BUKU SISWA SD - MI KELAS 3 KURIKULUM 2013 REVISI 2018

Buku Siswa SD - MI Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1:
  1. Buku Siswa Kelas 3 SD/MI Semester 1 Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
  2. Buku Siswa Kelas 3 SD/MI Semester 1 Tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan
  3. Buku Siswa Kelas 3 SD/MI Semester 1 Tema 3 Benda di Sekitarku
  4. Buku Siswa Kelas 3 SD/MI Semester 1 Tema 4 Kewajiban dan Hakku
Buku Siswa SD - MI Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 2:
  1. Buku Siswa Kelas 3 SD/MI Semester 2 Tema 5 Cuaca
  2. Buku Siswa Kelas 3 SD/MI Semester 2 Tema 6 Energi dan Perubahannya
  3. Buku Siswa Kelas 3 SD/MI Semester 2 Tema 7 Perkembangan Teknologi
  4. Buku Siswa Kelas 3 SD/MI Semester 2 Tema 8 Praja Muda Karana
BUKU GURU SD - MI KELAS 3 KURIKULUM 2013 REVISI 2018

Buku Guru SD - MI Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1:
  1. Buku Guru Kelas 3 SD/MI Semester 1 Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
  2. Buku Guru Kelas 3 SD/MI Semester 1 Tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan
  3. Buku Guru Kelas 3 SD/MI Semester 1 Tema 3 Benda di Sekitarku
  4. Buku Guru Kelas 3 SD/MI Semester 1 Tema 4 Kewajiban dan Hakku
Buku Guru SD - MI Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 2:
  1. Buku Guru Kelas 3 SD/MI Semester 2 Tema 5 Cuaca
  2. Buku Guru Kelas 3 SD/MI Semester 2 Tema 6 Energi dan Perubahannya
  3. Buku Guru Kelas 3 SD/MI Semester 2 Tema 7 Perkembangan Teknologi
  4. Buku Guru Kelas 3 SD/MI Semester 2 Tema 8 Praja Muda Karana

Posting Komentar untuk "Buku Siswa dan Guru SD - MI Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018"