Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Siswa - Guru Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

Buku Siswa - Guru Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

Buku siswa dan guru kelas 7 SMP - MTs kurikulum 2013 edisi revisi 2017 ini merupakan buku pegangan bagi siswa atau peserta didik dan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang terdiri atas berbagai mata pelajaran yang terbagi atas dua semester (ganjil dan genap).

Daftar isi

RINGKASAN BUKU

Buku merupakan produk peradaban yang membantu peradaban manusia berkembang ke arah yang lebih baik. Penggunaan buku ini menjadi semakin masif setelah manusia mengenal produk peradaban yang bernama sekolah.

Di Indonesia, sekolah jenjang SMP dan MTs menggunakan acuan kurikulum dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama. Perubahan kurikulum di Indonesia mengalami dinamika sesuai dengan perkembangan jaman dan kebijakan politik. Kurikulum terbaru yang diterapkan di Indonesia adalah kurikulum 2013 yang merupakan penyempurnaan dari kurikulum-kurikulum sebelumnya. Kurikulum 2013 menyempurnakan banyak hal dari kurikulum pendahulunya dari berbagai aspek. Salah satu aspek yang harus mengikuti kebijakan kurikulum adalah buku. Di Indonesia, buku acuan yang digunakan pun harus merujuk pada kurikulum 2013 dan akhirnya dikenal dengan buku kurikulum 2013 di kalangan pengguna buku.

Sejak kelas 7, buku yang digunakan sudah tidak lagi berbasis tema seperti halnya buku kurikulum 2013 untuk sekolah dasar atau madrasah ibtidaiyah. Buku yang digunakan untuk jenjang SMP atau MTs sudah digolongkan berbasis mata pelajaran. Dengan demikian, judul buku pun mengikuti mata pelajaran yang diajarkan.

Buku Guru

Buku Guru Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang dipergunakan dalam Kurikulum 2013, siswa diberanikan untuk mencari dari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru sangat penting untuk membimbing dan memfasilitasi siswa untuk belajar, termasuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.

Berikut adalah penjelasan singkat mengenai Buku Guru Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Versi 2017 berdasarkan mata pelajaran:

Buku Guru Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel Bahasa Indonesia

Konsep utama pengembangan Buku Guru Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel Bahasa Indonesia teks ini adalah berbasis-genre. Genre dimaknai sebagai kegiatan sosial yang memiliki jenis yang berbeda sesuai dengan tujuan kegiatan sosial dan tujuan komunikatifnya. Masing-masing jenis genre memiliki kekhasan cara pengungkapan (struktur retorika teks) dan kekhasan unsur kebahasaan. Inilah cara pandang baru tentang bahasa. Pada Kurikulum 2006 pembelajaran Bahasa Indonesia menekankan pada pendekatan komunikatif. Kurikulum 2013 lebih menajamkan efek komunikasinya dan dampak fungsi sosialnya. Bahasa dan isi menjadi dua hal yang saling menunjang. Content Language Integrated Learning menonjolkan empat unsur penting sebagai penajaman pengertian kompetensi berbahasa, yaitu isi (content), bahasa/komunikasi (communication), kognisi (cognition), dan budaya (culture).

Buku Guru untuk kelas 7 ini terdiri atas satu buku dan digunakan untuk dua semester. Alokasi waktu Mata Pelajaran Bahasa Indonesia adalah 6 jam per minggu. Jam belajar SMP adalah 40 menit.

Buku Guru Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel Bahasa Inggris

Pembelajaran Bahasa Inggris untuk SMP/MTs Kelas 7 ini disusun untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris para siswa. Penyajiannya menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis teks, baik lisan maupun tulis dengan menempatkan bahasa Inggris sebagai sarana berkomunikasi, berpikir, dan mengolah rasa. Pemahaman terhadap jenis, kaidah, dan konteks suatu teks ditekankan sehingga memudahkan siswa menangkap makna yang terkandung dalam suatu teks dan menyajikan informasi, gagasan, pikiran, dan perasaan dalam bentuk teks secara kontekstual sehingga mudah dipahami orang lain. Komunikasi yang disajikan di sini adalah komunikasi sehari-hari. Bagi beberapa sekolah dan daerah yang telah mengajarkan Bahasa Inggris mulai dari kelas-kelas akhir SD/MI, materi yang disajikan perlu diperkaya dengan materi tambahan yang disesuaikan dengan kemampuan siswa, walaupun struktur pembelajarannya tetap mengacu pada model yang ada dalam Buku Guru Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel Bahasa Inggris ini.

Buku Guru Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)

Buku Guru Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel IPA ini terdiri atas dua bagian. Bagian pertama berisi tentang petunjuk umum pembelajaran IPA, keterampilan proses dalam pembelajaran IPA, dan penilaian dalam pembelajaran IPA. Bagian kedua menguraikan tentang strategi pembelajaran IPA setiap topik yang sesuai dengan Kurikulum 2013 dan sesuai dengan buku siswa. Uraian setiap topik disajikan untuk setiap 1 kali tatap muka. Pada setiap tatap muka berisi materi pengayaan untuk guru beserta potensi miskonsepsi pada peserta didik pada topik tersebut, pembelajaran, dan alternatif penilaiannya.

Buku Guru Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel Matematika

Pada Buku Guru Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel Matematika ini terdapat dua macam bentuk petunjuk membelajarkan, yaitu Petunjuk Umum dan Petunjuk Khusus. Pada Petunjuk Umum disajikan tentang konsep kurikulum 2013, keterkaitan antara KI-KD, karakteristik pembelajaran matematik, petunjuk membelajarkan kegiatan saintiik, dan pedoman penilai. Pada Petunjuk Khusus disajikan tentang petunjuk kegiatan membelajarkan dalam pendekatan ilmiah, yaitu mengamati, menanya, menggali informasi, menalar, dan mengomunikasikan yang disajikan dengan ikon-ikon tertentu, yaitu Ayo Kita Amati, Ayo Kita Menanya, Ayo Kita Menggali Informasi/Sedikit Informasi/Ayo Kita Mencoba, dan Ayo Kita Berbagi. Buku Guru pada petunjuk umum ini disertakan juga kunci jawaban pada setiap kegiatan Ayo Kita Berlatih, Uji Kompetensi setiap babnya dan Uji Kompetensi Semester. Buku Guru ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan Guru untuk mencapai kompetensi dan indikator yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang dipergunakan dalam Kurikulum 2013, Guru menjadi fasilitator siswa untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran Guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersedian kegiatan pada buku Guru ini. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.

Buku Guru Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan)

Buku Guru Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan) ini merupakan buku untuk mapel PJOK kelas 7 SMP atau MTs yang dikembangkan dengan mengacu pada kurikulum 2013. PJOK merupakan bagian integral dari program pendidikan nasional, bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui pembekalan pengalaman belajar menggunakan aktivitas jasmani terpilih dan dilakukan secara sistematis. Kurikulum 2013 menekankan bahwa mata pelajaran PJOK memiliki konten yang unik untuk memberi warna pada pendidikan karakter bangsa, di samping diarahkan untuk mengembangkan kompetensi gerak dan gaya hidup sehat. Muatan kearifan lokal dari Kurikulum 2013 diharapkan mampu mengembangkan apresiasi terhadap kekhasan multikultural dengan mengenalkan permainan dan olahraga tradisional yang berakar dari budaya suku bangsa Indonesia. Mata Pelajaran PJOK untuk Kelas VII SMP/MTs yang disajikan dalam buku ini juga tunduk pada ketentuan tersebut. PJOK bukan berisi materi aktivitas yang dirancang hanya untuk mengasah kompetensi keterampilan peserta didik, atau mata pelajaran yang membaginya menjadi pengetahuan tentang kesehatan dan keterampilan berolahraga.

Buku Guru Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan)

Buku Guru Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) ini disusun untuk menjadi acuan bagi Guru PPKn dalam rangka kegiatan-kegiatan sebagai berikut.
1. Merancang pembelajaran dari KI dan KD ke dalam bahan ajar, pendekatan, strategi, metode, dan model pembelajaran secara lebih inovatif, kreatif, efektif, efisien serta sesuai dengan kebutuhan, kapasitas, karakteristik dan sosial budaya daerah, sekolah/satuan pendidikan dan peserta didik.
2. Memanfaatkan dan mengembangkan sumber belajar agar lebih kreatif, inovatif, efektif, efisien, dan kontekstual sesuai dengan kebutuhan serta karakteristik peserta didik dan kondisi sosial budaya daerah.
3. Merancang dan melaksanakan penilaian kompetensi peserta didik (aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan) secara utuh sesuai dengan prinsip sahih, objektif, adil, terpadu, terbuka, menyeluruh dan berkesinambungan, sistematis, beracuan kriteria, dan akuntabel.

Buku Guru Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel Prakarya

Ruang lingkup mata pelajaran prakarya untuk SMP kelas VII yang diuraikan dalam Buku Guru Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel Prakarya ini meliputi empat aspek, yaitu Kerajinan, Rekayasa, Budidaya dan Pengolahan. Dimana dari ke empat aspek itu para siswa diharapkan mampu untuk membuat produk dengan memanfaatkan potensi dari alam sekitar. Buku Prakarya kelas VII ini merupakan edisi revisi yang disusun dengan mengacu kepada kurikulum 2013 yang telah disempurnakan, baik kompetensi inti maupun kompetensi dasar. Untuk membantu siswa memahami materi Prakarya pada setiap pembahasan disertai dengan gambar dan penugasan yang mengajak siswa untuk aktif bereksplorasi dengan lingkungannya maupun media belajar lainnya.

Buku Guru Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel Seni Budaya

Pembelajaran seni budaya pada Buku Siswa - Guru Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini dapat dilakukan secara terpadu dan utuh. Keterpaduan dan keutuhan mengandung arti bahwa di dalam kompetensi dasar mengandung suatu keahlian tertentu sehingga dalam pelaksanaannya haruslah utuh diajarkan sehingga siswa dapat menguasai keterampilan, pengetahuan serta sikap dalam karya seni rupa, seni musik, seni tari atau teater.

Buku Guru Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

Mapel Pendidikan Agama dan Budi Pekerti terbagi atas dasar agama-agama yang dianut oleh rakyat Indonesia yang terdiri atas: Islam, Kristen, Katholik, Hindu, Buddha, dan Kong Hu Cu. Buku guru pun disusun berdasarkan kategorisasi berdasarkan agama yang dianut oleh rakyat Indonesiat tersebut.

Buku Guru Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)

Buku Guru Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) ini disusun sebagai panduan bagi guru dalam penggunaan Buku Siswa. Buku ini terdiri atas dua bagian utama. Bagian pertama berisi petunjuk umum tentang pembelajaran IPS. Bagian kedua menguraikan pembelajaran IPS untuk setiap Tema, Sub-Tema, dan Sub-sub Tema, sesuai dengan Buku Siswa. Melalui Buku Guru ini, diharapkan guru mendapatkan kemudahan dalam pemahaman tentang cara membelajarkan, penilaian, melakukan remedi, pengayaan, serta interaksi dengan orang tua. Buku Guru mata pelajaran IPS ini diharapkan dapat membantu guru dalam memfasilitasi peserta didik untuk belajar secara aktif, efisien, dan efektif, sehingga mampu mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

Buku Siswa Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

Buku Siswa Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini disusun untuk mendukung implementasi kurikulum 2013 yang mengedepankan aktivitas belajar peserta didik. Buku siswa untuk kelas VII terdiri atas buku-buku sebagai berikut:

Buku Siswa Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel Bahasa Indonesia

Dengan Buku Siswa Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel Bahasa Indonesia ini diharapkan siswa memiliki kompetensi dalam mendengar, membaca, menulis, menyajikan secara lisan, memiliki pengetahuan yang memadai tentang penggunaan bahasa Indonesia secara efektif pada ragam sastra maupun nonsastra. Lebih penting dari itu, dengan mempelajari Buku Siswa Bahasa Indonesia generasi Indonesia memiliki minat baca dan minat menulis yang tinggi. Cara penyajian buku secara induktif dan berbasis tugas. Buku Siswa membelajarkan siswa untuk bisa menemukan dan belajar berpikir tingkat tinggi. Kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional, nasionalisme, dan kecerdasan sosial ditumbuhkan secara tidak langsung melalui kegiatan-kegiatan kreatif pada Buku Siswa Bahasa ini. Siswa berlatih menyongsong dunia literasi dengan penumbuhan minat baca melalui jurnal membaca yang dirancang terintegrasi dalam pembelajaran.

Buku Siswa Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel Bahasa Inggris

Setelah mempelajari Buku Siswa Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel Bahasa Inggris ini, para siswa atau peserta didik diharapkan dapat mencapai kompetensi sebagai berikut:
  • Perilaku berbahasa Inggris yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya diri, jujur dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  • Pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural tentang fungsi sosial, struktur makna (urutan makna dalam teks atau yang selama ini kita kenal dengan istilah struktur teks), dan unsur kebahasaan berbagai teks dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.
  • Keterampilan menangkap makna dan menyusun teks lisan dan tulis dengan kritis melalui kegiatan berbicara, menyimak, membaca, dan menulis tentang yang dipelajari di sekolah dan sumber lain sejenis.
Buku Siswa Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)

Buku Siswa Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) ini hadir Untuk memperkuat pendekatan ilmiah (scientific) dalam pembelajaran IPA diterapkan pembelajaran berbasis penyingkapan/penelitian (discovery/inquiry learning). Untuk mendorong kemampuan peserta didik agarmenghasilkan karya kontekstual, baik individual maupun kelompok,maka sangat disarankan menggunakan pendekatan pembelajaran yangmenghasilkan karya berbasis pemecahan masalah (problem based dan project based learning).

Buku Siswa Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel Matematika

Setelah mempelajari materi pada Buku Siswa Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel Matematika ini, siswa diharapkan memahami materi yang disajikan. Oleh karena itu, konsep yang disajikan pada buku ini disampaikan secara logis, sistematis, dan menggunakan bahasa yang sederhana. Selain itu, buku ini juga memiliki tampilan yang menarik sehingga siswa tidak akan merasa bosan. Akhir kata penulis ucapkan, semoga buku ini bermanfaat dan dapat digunakan untuk pendamping belajar sebaik-baiknya. Saran dan kritik membangun sangat penulis harapkan untuk perbaikan penulisan buku lebih lanjut.

Buku Siswa Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan)

Tujuan utama pembelajaran PJOK di sekolah adalah memantau siswa agar meningkatkan keterampilan gerak mereka, disamping agar mereka merasa senang dan mau berpartisipasi dalam berbagai aktivitas. Diharapkan apabila mereka memiliki pondasi pengembangan keterampilan gerak, pemahaman kognitif, dan sikap yang positif terhadap aktivitas jasmani kelak akan menjadi manusia dewasa yang sehat dan segar jasmani dan rohani serta kepribadian yang mantap. Buku Siswa Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan hadir untuk mewujudkan tujuan tersebut.

Buku Siswa Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan)

Dalam konteks kehidupan global, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan selain harus meneguhkan keadaban Pancasila juga harus membekali peserta
didik untuk hidup dalam kancah global sebagai warga dunia (global citizenship). Oleh karena itu, substansi dan pembelajaran PPKn perlu diorientasikan untuk membekali warga negara Indonesia agar mampu hidup dan berkontribusi secara optimal pada dinamika kehidupan abad 21. Untuk itu, pembelajaran PPKn selain mengembangkan nilai dan moral Pancasila, juga mengembangkan semua visi dan keterampilan abad ke-21 sebagaimana telah menjadi komitmen global. Buku Siswa Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) dharapakan dapat memfasilitasi hal tersebut.

Buku Siswa Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel Prakarya

Pembelajaran pada mata pelajaran Prakarya menyiapkan siswa untuk mengenal potensi yang ada di daerahnya sehingga dapat mengembangkan cinta tanah air dan nasionalisme, serta dapat berperan aktif selaku warga masyarakat, warga negara dan warga dunia untuk bertanggung jawab mengembangkan kearifan lokal Indonesia. Buku Siswa Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel Prakarya ini hadir untuk memfasilitasi hal-hal tersebut.

Buku Siswa Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel Seni Budaya

Mata pelajaran Seni Budaya di SMP/MTs menekankan apresiasi dan kreasi, dalam ranah pendidikan dapat diurai menjadi kognitif,afektif, dan psikomotor. Ketiga ranah tersebut cara bekerjanya dan tidak dapat dipisahkan satu di antaranya. Buku Siswa Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel Seni Budaya berusaha menjabarkan aspek-aspek tersebut sehingga kompetensi-kompetensi tersebut dapat dicapai dengan indikator-indikator yang telah ditetapkan.

Buku Siswa Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

Mapel Pendidikan Agama dan Budi Pekerti terbagi atas dasar agama-agama yang dianut oleh rakyat Indonesia yang terdiri atas: Islam, Kristen, Katholik, Hindu, Buddha, dan Kong Hu Cu. Berdasarkan hal tersebut, maka buku Buku Siswa Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel Pendidikan Agama dan Budi Pekerti terdiri atas Buku Siswa Agama Islam, Kristen, Katholik, Hindu, Buddha, dan Kong Hu Cu.

Buku Siswa Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)

Untuk memfasilitasi peserta didik menguasai kompetensi dasar, digunakan Buku Siswa Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) yang berbasis pada delapan kompetensi dasar dan dikemas dalam empat materi pokok sebagai
berikut.

a. Materi Pokok 1 : Manusia, Tempat, dan Lingkungan
b. Materi Pokok 2 : Interaksi Sosial dan Lembaga Sosial
c. Materi Pokok 3 : Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan
d. Materi Pokok 4 : Kehidupan Masyarakat Indonesia Pada Masa Praakasara, Hindu-Buddha, dan Islam

Download Buku Siswa dan Guru Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Semester 1 dan Semester 2

Tulisan pada bagian "download" ini membagi kategori unduhan berdasarkan jenis buku, yaitu buku siswa dan buku guru. Jenis buku tersebut kemudian diklasifikasikan lagi berdasarkan semester (semester 1 dan semester 2).

Download Buku Siswa Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Semester 1 dan Semester 2

Download Buku Siswa Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel Bahasa Indonesia Semester 1 dan Semester 2
Download Buku Siswa Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel Bahasa Inggris Semester 1 dan Semester 2
Download Buku Siswa Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) Semester 1
Download Buku Siswa Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) Semester 2
Download Buku Siswa Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel Matematika Semester 1
Download Buku Siswa Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel Matematika Semester 2
Download Buku Siswa Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan) Semester 1 dan Semester 2
Download Buku Siswa Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) Semester 1 dan Semester 2
Download Buku Siswa Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel Prakarya Semester 1
Download Buku Siswa Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel Prakarya Semester 2
Download Buku Siswa Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel Seni Budaya Semester 1 dan Semester 2
Download Buku Siswa Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) Semester 1 dan Semester 2
Buku Siswa Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Semester 1 dan Semester 2:
Download Buku Guru Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Semester 1 dan Semester 2

Download Buku Guru Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel Bahasa Indonesia Semester 1 dan Semester 2
Download Buku Guru Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel Bahasa Inggris Semester 1 dan Semester 2
Download Buku Guru Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) Semester 1 dan Semester 2
Download Buku Guru Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel Matematika Semester 1 dan Semester 2
Download Buku Guru Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan) Semester 1 dan Semester 2
Download Buku Guru Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) Semester 1 dan Semester 2
Download Buku Guru Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel Prakarya Semester 1 dan Semester 2
Download Buku Guru Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel Seni Budaya Semester 1 dan Semester 2
Download Buku Guru Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) Semester 1 dan Semester 2
Buku Guru Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Semester 1 dan Semester 2:

Posting Komentar untuk "Buku Siswa - Guru Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017"