Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kompetensi Inti - Dasar Bahasa Indonesia SMP - MTs Kelas 7,8,9

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP - MTs Kelas 7, 8. 9 Semester 1 dan Semester 2

Kompetensi inti dan kompetensi dasar untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk jenjang SMP - MTs dikelompokkan berdasarkan jenjang kelas, yaitu kelas 7, kelas 8, dan kelas 9. Acuan kurikulum yang dipakai adalah kurikulum 2013. Kompetensi inti dan kompetensi dasar sering disingkat dengan KI dan KD untuk mempermudah pembahasan teknis mengenainya.

KOMPETENSI INTI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP - MTS KELAS 7, 8. 9 SEMESTER 1 DAN SEMESTER 2

Pada hakikatnya, kompetensi inti untuk mapel Bahasa Indonesia SMP - MTs Kelas 7, 8, dan 9 adalah sama dengan mata pelajaran yang lain. Berikut adalah kompetensi inti-kompetensi inti tersebut.

Kompetensi Inti 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
Kompetensi Inti 2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
Kompetensi Inti 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
Kompetensi Inti 4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

KOMPETENSI DASAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP - MTS KELAS 7, 8. 9 SEMESTER 1 DAN SEMESTER 2

Kompetensi Dasar (KD) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP - MTs Kelas 7

Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia SMP-MTs Kelas 7 dikelompokkan berdasarkan kelas. Lebih spesifik lagi, setiap uraian kompetensi dasar dikelompokkan berdasarkan bab yang diajarkan. Berikut adalah uraiannya.

Bab I. Belajar Mendeskripsikan

3.1 Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.
3.2 Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan⁄atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.
4.1 Menjelaskan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain tradisional, dll) yang didengar dan dibaca secara lisan, tulis, dan visual
4.2 Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan⁄atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara lisan maupun tulis.

Bab II. Memahami dan Mencipta Cerita Fantasi

3.3 Mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan didengar.
3.4 Menelaah struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan didengar.
4.3 Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita imajinasi) yang didengar dan dibaca secara lisan, tulis, dan visual.
4.4 Menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita imajinasi secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, penggunaan bahasa, atau aspek lisan.

Bab III. Mewariskan Budaya Melalui Teks Prosedur

3.5 Mengidentifikasi teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.
3.6 Menelaah struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.
4.5 Menyimpulkan isi teks prosedur tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara membuat cinderamata, dan/atau kuliner khas daerah) yang dibaca dan didengar
4.6 Menyajikan data rangkaian kegiatan ke dalam bentuk teks prosedur (tentang cara memainkan alat
musik daerah, tarian daerah, cara membuat cinderamata, dll) dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara lisan dan tulis.

Bab IV. Menyibak Ilmu dalam Teks Hasil Observasi

3.7 Mengidentifikasi informasi dari teks laporan hasil observasi berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan.
3.8 Menelaah struktur, kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan
4.7 Menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan yang dibaca dan didengar
4.8 Menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi berupa buku pengetahuan secara lisan dan tulis dengan memperhatikan kaidah kebahasaan atau aspek lisan.

Bab V. Mewarisi Nilai Luhur dan Mengkreasikan Puisi Rakyat

3.9 Menemukan unsur-unsur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca.
3.10 Menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi.
4.9 Membuat peta pikiran/sinopsis tentang isi buku nonfiksi/buku fiksi yang dibaca.
4.10 Menyajikan tanggapan secara lisan, tulis, dan visual terhadap isi buku fiksi/nonfiksi yang dibaca.

Bab VI. Mengapresiasi dan Mengkreasikan Fabel

3.11 Mengidentifikasi informasi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar.
3.12 Menelaah unsur-unsur dan kebahasaan dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar.
4.11 Menyimpulkan isi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) surat pribadi dan surat dinas yang dibaca atau diperdengarkan.
4.12 Menulis surat (pribadi dan dinas) untuk kepentingan resmi dengan memperhatikan struktur teks, kebahasaan, dan isi.

Bab VII. Berkorespondensi dengan Surat Pribadi dan Surat Dinas

3.13 Mengidentifikasi informasi (pesan, rima, dan pilihan kata) dari puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar.
3.14 Menelaah struktur dan kebahasaan puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar.
4.13 Menyimpulkan isi puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang disajikan dalam bentuk tulis dan lisan.
4.14 Menelaah struktur dan kebahasaan puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar.

Bab VIII. Menjadi Pembaca Efektif

3.15 Mengidentifikasi informasi tentang fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar.
3.16 Menelaah struktur dan kebahasaan fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar.
4.15 Menceritakan kembali isi cerita fabel/legenda daerah setempat yang dibaca/didengar.
4.16 Memerankan isi fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar.

Kompetensi Dasar (KD) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP - MTs Kelas 8

Kompetensi Dasar (KD) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP - MTs Kelas 8 adalah sebagai berikut:
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)   berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,   budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,   merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,   menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di   sekolah dan sumber lain     yang sama dalam sudut pandang/teori
     
3.1 Mengidentifikasi unsur-unsur teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca 4.1     Menyimpulkan isi berita (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar
3.2 Menelaah struktur   dan kebahasaan teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca 4.2     Menyajikan data dan informasi dalam bentuk berita secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan (lafal, intonasi, mimik, dan kinesik)
3.3 Mengidentifikasi informasi   teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar 4.3     Menyimpulkan isi iklan, slogan, atau poster (membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber
3.4 Menelaah pola penyajian dan kebahasaan   teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar 4.4     Menyajikan gagasan, pesan, dan ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster secara lisan dan tulis
3.5 Mengidentifikasi informasi   teks eksposisi berupa artikel ilmiah populer dari koran/ majalah) yang didengar dan dibaca 4.5     Menyimpulkan isi teks eksposisi   (artikel ilmiah populer dari koran dan majalah)   yang didengar dan dibaca
3.6 Mengidentifikasi struktur, unsur kebahasaan, dan aspek lisandalamteks eksposisi   artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/ atau keragaman budaya, dll) yang diperdengarkan atau dibaca 4.6     Menyajikan gagasan dan pendapat
     ke dalam bentuk teks eksposisi artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau   keragaman budaya, dll) secara lisan dan tertulis   dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan aspek lisan
3.7 Mengidentifikasi unsur-unsur pembangun   teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca 4.7     Menyimpulkan unsur-unsur  pembangun dan makna teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca
3.8 Menelaah unsur-unsur pembangun   teks puisi (perjuangan, lingkungan   hidup, kondisi sosial, dan lain-lain) yang diperdengarkan atau dibaca 4.8     Menyajikan gagasan, perasaan,   dan pendapat dalam bentuk teks puisi secara tulis/lisan dengan memperhatikan unsur- unsur pembangun puisi
3.9 Mengidentifikasi informasi   dari teks ekplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca 4.9     Meringkas isi teks eksplanasi yang berupa proses terjadinya suatu fenomena dari beragam sumber yang didengar   dan dibaca
3.10 Menelaah teks ekplanasi   berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca 4.10 Menyajikan informasi   dan data dalam bentuk teks eksplanasi proses terjadinya suatu fenomena   secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan
3.11 Mengidentifikasi informasi   pada teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, dan karya seni daerah) yang dibaca atau diperdengarkan 4.11 Menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau didengar
3.12 Menelaah struktur dan kebahasaan teks ulasan (film, cerpen, puisi, novel, dan karya seni daerah) yang diperdengarkan dan dibaca 4.12 Menyajikan tanggapan   tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah, dll.) dalam bentuk teks ulasan secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan
3.13 Mengidentifikasi jenis saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan tentang berbagai hal positif atas permasalahan aktual dari teks persuasi   (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca 4.13 Menyimpulkan isi saran, ajakan, arahan, pertimbangan tentang berbagai hal positif permasalahan aktual dari teks persuasi  (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca
3.14 Menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi   yang berupa saran, ajakan,
     dan pertimbangan tentang berbagai permasalahan aktual (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) dari berbagai   sumber yang didengar dan dibaca
4.14 Menyajikan teks persuasi (saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan) secara     tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan
3.15 Mengidentifikasi unsur-unsur drama (tradisional dan moderen) yang disajikan   dalam bentuk pentas atau naskah 4.15 Menginterpretasi drama (tradisional     dan modern) yang dibaca dan ditonton/didengar
3.16 Menelaah karakteristik unsur dan kaidah kebahasaan dalam teks drama yang berbentuk naskah atau pentas 4.16 Menyajikan drama dalam bentuk pentas atau naskah
3.17 Menggali dan menemukan   informasi dari
     buku fiksi dan nonfiksi   yang dibaca
4.17 Membuat peta konsep/garis alur dari
     buku fiksi dan nonfiksi   yang dibaca
3.18 Menelaah unsur buku fiksi dan nonfiksi
     yang dibaca
4.18 Menyajikan tanggapan   terhadap buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca secara lisan/tertulis
Kompetensi Dasar (KD) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP - MTs Kelas 9

Kompetensi Dasar (KD) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP - MTs Kelas 9 dijelaskan sebagai berikut.

3.13 Menggali informasi unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi.
4.13 Membuat peta konsep/ garis alur dari buku fksi dan nonfiksi yang dibaca.
3.15 Menelaah hubungan antara unsur-unsur buku fiksi nonfiksi yang dibaca.
4.14 Menyajikan tanggapan terhadap buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca.
3.9 Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untukmendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll).
4.9 Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca.
3.10 Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks laporan percobaan yang didengar atau dibaca (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll).
4.10 Menyajikan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan.
3.4 Menelaah gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca.
4.4 Menuangkan gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/ atau keragaman budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.
3.5 Mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar.
4.5 Menyimpulkan unsur- unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari cerita pendek yang dibaca atau didengar.
3.4 Menelaah struktur dan aspek kebahasaan cerita pendek yang dibaca atau didengar.
4.6 Mengungkapkan pengalaman dan gagasan dalam bentuk cerita pendek dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.**
3.7 Mengidentifikasi informasi berupa kritik, sanggahan, atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/ atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca.
4.7 Menyimpulkan isi teks tanggapan berupa kritik, sanggahan, atau pujian (mengenai lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca.
3.8 Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/ atau keragaman budaya, dll) berupa kritik, sanggahan, atau pujian yang didengar dan/atau dibaca.
4.8 Mengungkapkan kritik, sanggahan, atau pujiandalam bentuk teks tanggapan secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.
3.1 Mengidentifikasi informasi teks diskusi berupa pendapat pro dan kontra dari permasalahan aktual yang dibaca dan didengar. 4 .1 Menyimpulkan isi gagasan, pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas permasalahan aktual dalam teks diskusi yang didengar dan dibaca.
3.2 Menelaah pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra dalam teks diskusi berkaitan dengan permasalahan aktual yang dibaca dan didengar.
4.2 Menyajikan gagasan/ pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas permasalahan aktual dalam teks diskusi dengan memperhatikan struktur dan aspek kebahasaan, dan aspek lisan (intonasi, gesture, pelafalan).
3.12 Menelaah struktur, kebahasaan,danisi teks cerita inspiratif.
4.12 Mengungkapkan rasa simpati, empati, kepedulian, dan perasaan dalam bentuk cerita inspiratif dengan memperhatikan struktur cerita dan aspek kebahasaan.

DOWNLOAD KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR (KI-KD) MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP - MTS KELAS 7, 8. 9 SEMESTER 1 DAN SEMESTER 2

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI-KD) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP - MTs Kelas 7, 8. 9 Semester 1 dan Semester 2 dapat di-download pada tautan sebagai berikut:

Kompetensi Dasar (KI-KD) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP - MTs Kelas 7 Semester 1 dan Semester 2 DOWNLOAD
Kompetensi Dasar (KI-KD) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP - MTs Kelas 8 Semester 1 dan Semester 2 DOWNLOAD
Kompetensi Dasar (KI-KD) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP - MTs Kelas 9 Semester 1 dan Semester 2 DOWNLOAD

Referensi

Buku Siswa - Guru Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
Buku Siswa - Guru Kelas 8 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
Buku Siswa - Guru Kelas 9 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

Posting Komentar untuk "Kompetensi Inti - Dasar Bahasa Indonesia SMP - MTs Kelas 7,8,9"