Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kurikulum 2013 SMA - MA Terbaru

Kurikulum 2013 untuk SMA dan MA Terbaru Berdasarkan Permendikbud Nomor 36 Tahun 2018

Kurikulum 2013 untuk SMA dan MA terbaru ini berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 36 Tahun 2018 Tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Inti dari perubahan peraturan ini adalah adanya penambahan pembelajaran informatika yang dimulai pada tahun ajaran 2019/2020

RINGKASAN KURIKULUM 2013 SMA - MA TERBARU BERDASARKAN PERMENDIKBUD NOMOR 36 TAHUN 2018

Kurikulum 2013 untuk SMA dan MA terbaru ini sejatinya merupakan perubahan dari peraturan sebelumnya yaitu Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014. Inti dari perubahan tersebut adalah pada penambahan mata pelajaran informatika yang dianjurkan untuk diimplementasikan sesuai dengan kemampuan sekolah masing-masing.

Ada beberapa hal penting ketika membahas mengenai kurikulum 2013 di jenjang SMA dan MA ini. Namun tulisan ini hanya membahas struktur kurikulum 2013 pada jenjang SMA dan MA itu sendiri yang meliputi empat hal yaitu: Kompetensi Inti, Mata Pelajaran, Beban Belajar, dan Kompetensi Dasar. Keempat hal tersebut dibahas sebagai berikut.

A. Kompetensi Inti Kurikulum 2013 SMA - MA Berdasarkan Permendikbud Nomor 36 Tahun 2018

Kompetensi Inti Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang harus dimiliki seorang peserta didik SMA/MA pada setiap tingkat kelas. Kompetensi Inti dirancang untuk setiap kelas. Melalui kompetensi inti, sinkronisasi horisontal berbagai kompetensi dasar antarmata pelajaran pada kelas yang sama dapat dijaga. Selain itu sinkronisasi vertikal berbagai kompetensi dasar pada mata pelajaran yang sama pada kelas yang berbeda dapat dijaga pula.

Rumusan kompetensi inti menggunakan notasi sebagai berikut:

1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual;
2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial;
3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan; dan
4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.

B. Mata Pelajaran pada Kurikulum 2013 SMA - MA Berdasarkan Permendikbud Nomor 36 Tahun 2018

Struktur Kurikulum SMA/MA terdiri atas mata pelajaran umum kelompok A, mata pelajaran umum kelompok B, dan mata pelajaran peminatan akademik kelompok C. Mata pelajaran peminatan akademik kelompok C dikelompokkan atas mata pelajaran Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, mata pelajaran Peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial, dan mata pelajaran Peminatan Bahasa dan Budaya. Khusus untuk MA, dapat ditambah dengan mata pelajaran keagamaan yang diatur oleh Kementerian Agama.

C. Beban Belajar pada Kurikulum 2013 SMA - MA Berdasarkan Permendikbud Nomor 36 Tahun 2018

Beban belajar merupakan keseluruhan kegiatan yang harus diikuti peserta didik dalam satu minggu, satu semester, dan satu tahun pembelajaran.

1. Beban belajar di SMA/MA dinyatakan dalam jam pelajaran per minggu.
a. Beban belajar satu minggu Kelas X adalah minimal 42 jam pelajaran.
b. Beban belajar satu minggu Kelas XI dan XII adalah minimal 44 jam pelajaran.
2. Beban belajar di Kelas X dan XI dalam satu semester minimal 18 minggu.
3. Beban belajar di kelas XII pada semester ganjil minimal 18 minggu
4. Beban belajar di kelas XII pada semester genap minimal 14 minggu. Beban belajar bagi SMA/MA yang menyelengarakan Sistem Kredit Semester (SKS), diatur dalam pedoman SKS.

D. Kompetensi Dasar pada Kurikulum 2013 SMA - MA Berdasarkan Permendikbud Nomor 36 Tahun 2018

Kompetensi Dasar dirumuskan untuk mencapai Kompetensi Inti. Rumusan Kompetensi Dasar dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik dan kemampuan peserta didik, dan kekhasan masing- masing mata pelajaran. Kompetensi Dasar meliputi empat kelompok sesuai dengan pengelompokan Kompetensi Inti sebagai berikut:

1. kelompok 1: kelompok Kompetensi Dasar sikap spiritual dalam rangka menjabarkan KI-1;
2. kelompok 2: kelompok Kompetensi Dasar sikap sosial dalam rangka menjabarkan KI-2;
3. kelompok 3: kelompok Kompetensi Dasar pengetahuan dalam rangka menjabarkan KI-3; dan
4. kelompok 4: kelompok Kompetensi Dasar keterampilan dalam rangka menjabarkan KI-4.

DOWNLOAD PERMENDIKBUD NOMOR 36 TAHUN 2018

Untuk mengetahui Kurikulum 2013 untuk SMA dan MA Terbaru Berdasarkan Permendikbud Nomor 36 Tahun 2018 secara utuh, disarankan untuk men-download Permendikbud tersebut DI SINI.

Posting Komentar untuk "Kurikulum 2013 SMA - MA Terbaru"