Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Komputer Akuntansi Semester 1 dan 2 Kelas XI SMK - MAK Kurikulum 2013

Download Buku Komputer Akuntansi Jilid 1 dan 2 Semester 1 dan 2 SMK - MAK Kurikulum 2013

Perkembangan teknologi komputer telah memicu lembaga bisnis untuk menerapkan sistem informasi di segala bidang, termasuk bidang akuntansi. Penerapan komputer di bidang akuntansi ini semakin luas berkembang dikarenakan banyaknya software aplikasi komputer akuntansi yang tersedia di masyarakat. Justru permasalahan pokok yang dihadapi oleh lembaga bisnis adalah kurang tersedianya tenaga kerja yang kompeten dalam pengoperasian komputerisasi akuntansi.

Tidak jarang lembaga bisnis harus mengeluarkan biaya pelatihan yang cukup besar untuk menyiapkan tenaga operator komputer akuntansi. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai salah satu lembaga penyedia calon tenaga kerja tingkat menengah tanggap terha-dap tuntutan industri. Dalam kurikulum 2013 khususnya untuk paket keahlian akuntansi peserta didik dituntut memiliki kemampuan menerapkan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang konsisten dari waktu ke waktu dalam pengoperasian aplikasi komputer akuntansi.

Sebagian kompetensi dasar dalam mata pelajaran Komputer Akuntansi menuntut peserta diklat untuk menguasai kompetensi secara utuh mengoperasikan aplikasi komputer akuntansi pada perusahaan dagang. Apakah perusahaan dagang itu? Perusahaan dagang adalah perusahaan yang usaha pokoknya memperoleh pendapatan/penghasilan dengan membeli barang dagangan dan menjualnya kembali tanpa merubah bentuk barang dagangan tersebut.

Keuntungan menerapkan komputer akuntansi pada perusahaan dagang diantaranya adalah mengurangi penggunaan kertas-kertas (paperless) sehingga pada gilirannya akan mengurangi beban alat tulis kantor (ATK) atau beban perlengkapan (supplies). Disamping itu keuntungan penerapan komputer di bidang akuntansi adalah jaminan untuk kecepatan dan ketepatan.

Kecepatan karena sebagian besar pekerjaan akuntansi diambil alih oleh komputer dan dikerjakan dengan cepat.

Tugas operator hanyalah sebatas data entri, sementara tugas selanjutnya termasuk penyusunan laporan keuangan dikerjakan oleh komputer. Selama data yang dientri ke komputer data yang benar maka maka hasilnya pun akan benar atau tepat.

Aktivitas komputer akuntansi perusahaan dagang mengarah pada data entri transaksi keuangan yang terjadi pada perusahaan dagang sejak awal periode sampai dengan proses penyiapan laporan keuangan pada akhir periode akuntansi.

Aktivitas ini secara keseluruhan meliputi:
1. Menyiapkan data awal;
2. Membuat daftar akun;
3. Menyesuaikan pajak;
4. Membuat Buku Pembantu
5. Meng-entry saldo awal;
6. Mencatat Transaksi Penjualan;
7. Mencatat Transaksi Pembelian;
8. Mencatat Transaksi Kas-Bank;
9. Mencatat entri penyesuaian;
10. Menampilkan laporan keuangan.
11. Membuat backup file.

Buku Komputer Akuntansi Semester 1 dan 2 Kelas XI SMK - MAK Kurikulum 2013 ini adalah buku siswa yang berarti penggunanya adalah siswa. Namun demikian, para guru mapel terkait dapat menggunakan buku ini sebagai panduan dalam memetakan dan membuat strategi pembelajaran.

Buku yang akan diunduh terbagi menjadi dua buku; jilid 1 dan 2. Jilid 1 digunakan untuk semester 1 dan jilid 2 digunakan untuk semester 2.

Tautan berikut menyajikan download atau unduhan dari buku-buku tersebut:

Download Buku Komputer Akuntansi Jilid 1 untuk SMK - MAK Kurikulum 2013 (Semester 1)
Download Buku Komputer Akuntansi Jilid 2 untuk SMK - MAK Kurikulum 2013 (Semester 2)

Posting Komentar untuk "Buku Komputer Akuntansi Semester 1 dan 2 Kelas XI SMK - MAK Kurikulum 2013"