Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kompetensi Inti - Dasar IPS SMP - MTs Kelas 7, 8, 9

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI-KD) Mapel IPS/Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7,8, 9 Semester 1 dan Semester 2

Kompetensi inti dan kompetensi dasar mapel Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada tulisan ini mencakup kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD) SMP - MTs kelas 7, 8, dan 9 semester 1 dan semester 2.

KOMPETENSI INTI (KI) MAPEL IPS/ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS 7,8, 9 SEMESTER 1 DAN SEMESTER 2

Mata Pelajaran IPS berperan penting untuk: (1) Memperkenalkan konsep- konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya; (2) Membekali kemampuan dasar untuk berpikir logis, kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial; (3) Memupuk komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan; dan (4) Membina kemampuan berkomunikasi, bekerjasama, dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, baik ditingkat nasional, ASEAN maupun global.

Seperti halnya kurikulum inti pada mata pelajaran yang lain, kompetensi inti mapel IPS SMP - MTs untuk kelas 7, 8, dan 9 adalah sebagai berikut.
  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
  3. Memahami dan menerapkanpengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori kebangsaan.

KOMPETENSI DASAR (KD) MAPEL IPS/ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS 7,8, 9 SEMESTER 1 DAN SEMESTER 2

Kompetensi Dasar Mapel IPS/Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7

Pembelajaran IPS Kelas VII dikembangkan selama satu tahun yang mencakup 38 minggu dengan beban belajar per minggu selama 4 x 40 menit. Untuk memfasilitasi peserta didik menguasai KD, digunakan Buku Siswa yang berbasis pada 8 KD dan dikemas dalam empat materi pokok sebagai berikut.
a. Materi Pokok 1 : Manusia, Tempat, dan Lingkungan
b. Materi Pokok 2 : Interaksi Sosial dan Lembaga Sosial
c. Materi Pokok 3 : Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan
d. Materi Pokok 4 : Kehidupan Masyarakat Indonesia Pada Masa Praakasara, Hindu-Buddha, dan Islam

Berikut adalah Kompetensi Dasar Mapel IPS/Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7.
Kompetensi Inti Kompetensi Dasar
KI 1 Menghargai dan menghayati   ajaran agama yang dianutnya
KI 2 Menghargai dan menghayati   perilaku jujur, disiplin,   tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
     dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan   pergaulan dan keberadaannya.
KI 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai,
memodifikasi,
dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar,
dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
.
3.1. Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora, dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.

4.1. Menjelaskan konsep ruang (lokasi,
distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia Indonesia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.

3.2. Mengidentifikasi interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya dalam nilai dan norma serta kelembagaan sosial budaya.
4.2 Menyajikan hasil identifikasi tentang interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya dalam nilai dan norma serta kelembagaan sosial budaya.

3.3. Memahami konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, permintaan, dan penawaran) dan interaksi antarruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya Indonesia.

4.3 Menjelaskan hasil analisis tentang konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, permintaan, dan penawaran) dan interaksi antarruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya Indonesia.
3.4. Memahami kronologi perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya,
geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu- Buddha dan Islam.

4.4 Menguraikan kronologi perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu- Buddha dan Islam.

Kompetensi Dasar Mapel IPS/Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 8

Kompetensi dasar mapel IPS kelas 8 ini dapat Anda unduh langsung di bagian download yang terletak di bagian akhir tulisan ini.

Kompetensi Dasar Mapel IPS/Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9

Pembelajaran IPS Kelas IX dikembangkan selama satu tahun yang mencakup 120 minggu dengan beban belajar per minggu selama 4 x 40 menit. Untuk memfasilitasi peserta didik menguasai KD, digunakan Buku Siswa yang berbasis pada 13 dan dikemas dalam empat materi pokok sebagai berikut.
a. Materi Pokok 1: Interaksi Antaranegara Asia dan Negara Lainnya
b. Materi Pokok 2: Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi
c. Materi Pokok 3: Ketergantungan antarruang dan Pengaruhnya terhadap Kesejahteraan Masyarakat
d. Materi Pokok 4: Masyarakat Indonesia dari Masa Kemerdekaan Sampai Masa Reformasi

Berikut adalah kompetensi dasar mapel IPS untuk kelas 9.

3.1. Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antarruang negara-negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor alam, manusia dan pengaruhnya
terhadap keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik.
3.2. Menganalisis perubahan kehidupan sosial budaya Bangsa Indonesia dalam menghadapi arus globalisasi untuk memperkokoh kehidupan kebangsaan.
3.3. Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.
3.4. Menganalisis kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geogra?s, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari awal kemerdekaan sampai awal reformasi.
4.1. Menyajikan hasil telaah tentang perubahan keruangan dan interaksi antarruang negara-negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik.
4.2. Menyajikan hasil analisis tentang perubahan kehidupan sosial budaya Bangsa Indonesia dalam menghadapi arus globalisasi untuk memperkokoh kehidupan kebangsaan.
4.3. Menyajikan hasil analisis tentang ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.
4.4. Menyajikan hasil analisis kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari awal kemerdekaan sampai awal reformasi.

DOWNLOAD KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR (KI-KD) MAPEL IPS/ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS 7,8, 9 SEMESTER 1 DAN SEMESTER 2

Materi KI dan KD pada tulisan ini berasal dari Buku Guru SMP - MTs Mapel IPS Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 dan 2018. Namun demikian, materi KI dan KD sudah dipisah sedemikian rupa sehingga dapat langsung digunakan.

Berikut adalah tautan Download Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI-KD) Mapel IPS/Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7,8, 9 Semester 1 dan Semester 2.

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI-KD) Mapel IPS/Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 Semester 1 dan Semester 2 DOWNLOAD

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI-KD) Mapel IPS/Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 8 Semester 1 dan Semester 2 DOWNLOAD

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI-KD) Mapel IPS/Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Semester 1 dan Semester 2 DOWNLOAD

Referensi:

Buku Siswa - Guru Kelas 7 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
Buku Siswa - Guru Kelas 8 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
Buku Siswa - Guru Kelas 9 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018

Posting Komentar untuk "Kompetensi Inti - Dasar IPS SMP - MTs Kelas 7, 8, 9"