Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Simulasi Digital Kelas X SMK - MAK Semester 1 - 2 Kurikulum 2013

Buku Simulasi Digital Kelas X SMK - MAK Semester 1 - 2 Kurikulum 2013

Teknologi informasi dan komunikasi pada saat ini telah memungkinkan cara berkomunikasi dan bakutukar informasi manusia satu dengan manusia lainnya, mencapai tingkat tertinggi dibandingkan dengan pada masa sebelumnya.

Informasi yang disampaikan dalam bentuk teks saja tidak cukup. Informasi tersebut dapat dilengkapi dengan visualisasi yang tampil secara dinamis, bergerak, disertai suara. Informasi tersebut menjadi lebih penting, jika berisi gagasan atau konsep. Cara membuat visualisasi dan cara menyampaikan informasi tersebut harus dipelajari dengan baik agar isi yang terkandung di dalamnya dapat tersampaikan.

Cara yang praktis mengomunikasikan gagasan atau konsep kepada orang lain adalah melalui presentasi digital yang telah memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi saat ini. Teknologi informasi dan komunikasi juga memungkinkan seseorang membuat rekaan/tiruan (simulasi) dari kondisi yang sebenarnya sebagai peraga penyampaian informasi.

Semua upaya menyampaikan gagasan atau konsep tersebut dikemas dalam Simulasi Digital. Mata Pelajaran Simulasi Digital, selanjutnya disingkat Simdig, tidak berdiri sendiri. Mata pelajaran ini terkait dengan mata pelajaran produktif pada Bidang Keahlian atau Program Keahlian yang dipelajari di SMK dan MAK. Mata pelajaran ini tidak dapat dipisahkan dengan isi yang akan dikomunikasikan, yaitu gagasan atau konsep, sebagai solusi atas masalah yang terkait dengan mata pelajaran produktif.

Buku teks “Simulasi Digital” ini disusun berdasarkan tuntutan paradigma pengajaran dan pembelajaran kurikulum 2013 diselaraskan berdasarkan pendekatan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar kurikulum abad 21, yaitu pendekatan model pembelajaran berbasis peningkatan keterampilan proses sains.

Penyajian buku teks untuk Mata Pelajaran “Simulasi Digital”ini disusun dengan tujuan agar supaya peserta didik dapat melakukan proses pencarian pengetahuan berkenaan dengan materi pelajaran melalui berbagai aktivitas proses sains sebagaimana dilakukan oleh para ilmuwan dalam melakukan eksperimen ilmiah (penerapan scientifik), dengan demikian peserta didik diarahkan untuk menemukan sendiri berbagai fakta, membangun konsep, dan nilai-nilai baru secara mandiri.

Buku Simulasi Digital Kelas X SMK - MAK Semester 1 - 2 Kurikulum 2013 yang akan diunduh ini adalah buku siswa. Artinya, ia digunakan oleh peserta didik sebagai materi belajar mapel Simulasi Digital.

Buku terdiri atas dua jilid, yaitu Jilid 1 dan Jilid 2. Jilid 1 digunakan untuk semester 1 dan Jilid 2 digunakan untuk semester dua. Berikut adalah tautannya:

Download Buku Simulasi Digital (SimDig) Kelas X SMK - MAK Jilid 1 Semester 1 Kurikulum 2013
Download Buku Simulasi Digital (SimDig) Kelas X SMK - MAK Jilid 2 Semester 2 Kurikulum 2013

Posting Komentar untuk "Buku Simulasi Digital Kelas X SMK - MAK Semester 1 - 2 Kurikulum 2013"