Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Siswa - Guru Kelas 8 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

Buku Siswa dan Guru Kelas 8 SMP dan MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan Semester 2

Buku Siswa dan Guru Kelas 8 SMP dan MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan Semester 2 ini merupakan buku acuan bagi siswa dan guru sesuai dengan mata pelajaran yang terkait. Ia didesain dengan mengacu pada kurikulum terbaru, yaitu kurikulum 2013 dengan revisi terbaru yaitu revisi tahun 2017. Buku guru dan siswa ini digunakan untuk semester 1 dan semester 2.

Daftar isi

RINGKASAN BUKU

Buku yang dimuat dalam tulisan ini terdiri atas buku guru dan buku siswa untuk semester 1 dan semester 2. Kurikulum yang diacu tentu saja dengan kurikulum terbaru yaitu kurikulum 2013. Kurikulum diarahkan kepada pencapaian kompetensi yang dirumuskan dari Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Penilaian hasil belajar dan hasil kurikulum pun diukur dari pencapaian kompetensi. Keberhasilan kurikulum diartikan sebagai pencapaian kompetensi yang dirancang dalam dokumen kurikulum oleh seluruh peserta didik.

Buku Siswa Kelas 8 SMP dan MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

Buku siswa terdiri atas berbagai mata pelajaran dengan penjelasan ringkas sebagai berikut.

Buku Siswa Kelas 8 SMP dan MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan Semester 2 Mapel Bahasa Indonesia

Buku teks mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas 8 ini ditulis dengan tujuan agar para siswa memiliki kompetensi berbahasa Indonesia untuk berbagaikeperluan sebagai kegiatan sosial. Kegiatan yang dirancang dalam buku diharapkan dapat membantu siswa mengembangkan kompetensi berbahasa yang dibutuhkan dalam kehidupan yang sesungguhnya.

Buku Siswa Kelas 8 SMP dan MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan Semester 2 Mapel Bahasa Inggris

Buku Siswa Kelas 8 SMP dan MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini disusun untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris para siswa. Penyajiannya menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis teks, baik lisan maupun tulis dengan menempatkan bahasa Inggris sebagai sarana berkomunikasi, berpikir, dan mengolah rasa. Pemahaman terhadap jenis, kaidah, dan konteks suatu teks ditekankan sehingga memudahkan siswa menangkap makna yang terkandung dalam suatu teks dan menyajikan informasi, gagasan, pikiran, dan perasaan dalam bentuk teks secara kontekstual sehingga mudah dipahami orang lain. Komunikasi yang disajikan di sini adalah komunikasi sehari- hari. Bagi beberapa sekolah dan daerah yang telah mengajarkan Bahasa Inggris mulai dari kelas-kelas akhir SD/MI, materi yang disajikan perlu diperkaya dengan materi tambahan yang disesuaikan dengan kemampuan siswa, walaupun struktur pembelajarannya tetap mengacu pada model yang ada dalam buku ini.

Buku Siswa Kelas 8 SMP dan MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan Semester 2 Mapel IPA (Ilmu Pengeatahuan Alam)

Sebagai transisi menuju ke pendidikan menengah, pemisahan ini masih belum dilakukan sepenuhnya bagi peserta didik SMP/ MTs. Materi-materi dari bidang-bidang ilmu Fisika, Kimia, Biologi, serta Ilmu Bumi dan Antariksa masih perlu disajikan sebagai suatu kesatuan dalam mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Hal ini dimaksudkan untuk memberikan wawasan yang utuh bagi peserta didik SMP/MTs tentang prinsip-prinsip dasar yang mengatur alam semesta beserta segenap isinya.

Buku Siswa Kelas 8 SMP dan MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan Semester 2 Mapel IPA (Ilmu Pengeatahuan Alam) ini disusun dengan pemikiran di atas. Bidang ilmu Biologi dipakai sebagai landasan (platform) pembahasan bidang ilmu yang lain. Makhluk hidup digunakan sebagai objek untuk menjelaskan prinsip-prinsip dasar yang mengatur alam seperti objek alam dan interaksinya, energi dan keseimbangannya, dan lain-lain. Melalui pembahasan menggunakan bermacam bidang ilmu dalam rumpun ilmu pengetahuan alam, pemahaman utuh tentang alam yang dihuninya beserta benda-benda alam yang dijumpai di sekitarnya dapat dikuasai oleh peserta didik SMP/MTs.

Buku Siswa Kelas 8 SMP dan MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan Semester 2 Mapel Matematika

Matematika adalah bahasa universal dan karenanya kemampuan matematika siswa suatu negara sangat mudah dibandingkan dengan negara lain. Selain itu, matematika juga dipakai sebagai alat ukur untuk menentukan kemajuan pendidikan di suatu negara. Kita mengenal PISA (Program for International Student Assessment) dan TIMSS (The International Mathematics and Science Survey) yang secara berkala mengukur dan membandingkan antara lain kemajuan pendidikan matematika di beberapa negara.

Standar internasional semacam ini memberikan arahan dalam merumuskan pembelajaran matematika di SMP/MTs baik kelas VII, VIII, atau IX. Hasil pembandingan antara yang kita ajarkan selama ini dengan yang dinilai secara internasional menunjukkan adanya perbedaan, baik terkait materi maupun kompetensi. Perbedaaan
ini menjadi dasar dalam merumuskan pembelajaran matematika dalam Kurikulum 2013 yang disempurnakan.

Buku Siswa Kelas 8 SMP dan MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan Semester 2 Mapel Matematika ini ditulis dengan berdasarkan pada materi dan kompetensi yang disesuaikan dengan standar internasional tersebut.

Buku Siswa Kelas 8 SMP dan MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan Semester 2 Mapel PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan)

Buku Siswa Kelas 8 SMP dan MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan Semester 2 Mapel PJOK ini dirancang berbasis aktivitas terkait dengan sejumlah jenis gerak jasmani/olahraga dan usaha-usaha menjaga kesehatan yang sesuai untuk peserta didik Kelas VIII SMP/MTs. Aktivitas-aktivitas tersebut dirancang untuk membuat peserta didik terbiasa melakukan gerak jasmani dan berolahraga dengan senang hati karena merasa perlu melakukannya dan sadar akan pentingnya menjaga kesehatan jasmani baik melalui gerak jasmani dan olahraga maupun dengan memperhatikan faktor-faktor kesehatan yang memengaruhinya.

Buku Siswa Kelas 8 SMP dan MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan Semester 2 Mapel PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan)

Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dirancang berbasis aktivitas terkait dengan sejumlah tema kewarganegaraan yang diharapkan dapat mendorong siswa menjadi warga negara yang baik melalui kepedulian terhadap permasalahan dan tantangan yang dihadapi masyarakat sekitarnya. Kepedulian tersebut ditunjukkan dalam bentuk partisipasi aktif dalam pengembangan komunitas yang terkait dengan diri siswa. Kompetensi yang dihasilkan tidak lagi terbatas pada kajian pengetahuan dan keterampilan penyajian hasil dalam bentuk karya tulis, tetapi lebih ditekankan kepada pembentukan sikap dan tindakan nyata yang mampu dilakukan oleh tiap siswa. Dengan demikian akan terbentuk sikap cinta dan bangga sebagai bangsa Indonesia. Buku Siswa Kelas 8 SMP dan MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan Semester 2 Mapel PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) dimaksudkan untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.

Buku Siswa Kelas 8 SMP dan MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan Semester 2 Mapel Prakarya

Ruang lingkup mata pelajaran prakarya untuk SMP kelas VIII meliputi empat aspek, yaitu Kerajinan, Rekayasa, Budidaya, dan Pengolahan. Berdasarkan keempat aspek tersebut para siswa diharapkan mampu untuk membuat produk dengan memanfaatkan potensi dari alam sekitar. Buku Prakarya kelas VIII ini merupakan edisi revisi 2017 yang disusun dengan mengacu pada Kurikulum 2013 yang telah disempurnakan, baik kompetensi inti maupun kompetensi dasar. Siswa dapat membantu dalam memahami materi Prakarya, karena setiap pembahasan disertai dengan gambar dan penugasan yang mengajak siswa untuk aktif bereksplorasi dengan lingkungannya maupun media belajar lainnya.

Buku Siswa Kelas 8 SMP dan MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan Semester 2 Mapel Seni Budaya

Buku Siswa Seni Budaya Kelas VIII SMP/MTs dirancang untuk memperkuat kompetensi siswa dari sisi pengetahuan, keterampilan dan sikap secara utuh. Seni Budaya bukan aktivitas dan materi pembelajaran yang dirancang hanya untuk mengasah kompetensi keterampilan siswa. Namun, Seni Budaya juga mencakup aktivitas dan materi pembelajaran yang memberikan kompetensi pengetahuan tentang karya seni budaya dan kompetensi sikap yang berkaitan dengan seni budaya. Pembelajaran seni budaya menjadi kesatuan utuh ketiga kompetensi tersebut melalui aktivitas berkarya seni rupa, seni musik, seni tari, dan seni teater.

Buku Siswa Kelas 8 SMP dan MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan Semester 2 Mapel IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)

Pembahasan Buku Siswa Kelas 8 SMP dan MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan Semester 2 Mapel IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) ini dibagi dalam empat bab, yaitu:
Bab-I Interaksi keruangan dalam kehidupan di negara-negara ASEAN.
Bab-II Pengaruh interaksi sosial terhadap kehidupan sosial dan kebangsaan.
Bab-III Keunggulan dan keterbatasan antarruang serta pengaruhnya terhadap kegiatan ekonomi, sosial, budaya di Indonesia dan ASEAN.
Bab-IV Perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan.

Buku Siswa Kelas 8 SMP dan MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan Semester 2 Mapel Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

Indonesia merupakan negara dengan kebhinekaan tinggi yang meliputi suku, agama, ras, dan antargolongan. Hal ini merupakan sesuatu yang luar biasa mengingat tidak banyak negara yang tersusun dengan kemajemukan seperti negara kita ini. Dalam dunia pendidikan, kemajemukan tersebut juga termuat dalam kurikulum 2013. Salah satu kebhinekaan yang ada di Indonesia adalah agama. Keanekaragaman agama yang ada di Indonesia ini diadopsi dalam kurikulum dengan mewajibkan semua sekolah untuk menyelenggarakan mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti. Mengingat terdapat enam agama resmi di Indonesia, maka buku siswa pada mapel Pendidikan Agama dan Budi Pekerti ini disusun berdasarkan jenis agamanya yang terdiri atas Pendidikan Agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Khonghucu. Penekanan pendidikan agama di sekolah bertujuan untuk membentuk budi pekerti siswa yang baik. Oleh karenanya, nama mata pelajarannya secara lengkap adalah Pendidikan Agama dan Budi Pekerti.

Buku Guru Kelas 8 SMP dan MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

Buku Guru Kelas 8 SMP dan MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan Semester 2 Mapel Bahasa Indonesia

Buku Guru Kelas 8 SMP dan MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan Semester 2 Mapel Bahasa Indonesia berisi panduan pembelajaran bahasa Indonesia secara umum dan teknik menggunakan buku siswa. Setiap bab dalam buku ini dikembangkan dengan mengacu kepada konsep teoretik yang mendasari Kurikulum 2013, yaitu pembelajaran berbasis genre dan CLIL (content language integrated learning). Silabus buku teks dikembangkan berdasarkan pengembangan silabus berbasis genre dan pedagogi genre. Setiap bab buku teks ini mencakup tiga hal, yaitu penjelasan tentang teks (tujuan, struktur retorika, kebahasaan) dan lokasi sosial, model teks dan telaah model teks, serta latihan dan tugas, termasuk tugas pengembangan kompetensi.

Buku Guru Kelas 8 SMP dan MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan Semester 2 Mapel Bahasa Inggris

Bahasa Inggris adalah bahasa utama dalam komunikasi antarbangsa dan pergaulan dunia. Makin datarnya dunia dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menyebabkan pergaulan tidak dapat lagi dibatasi oleh batas-batas negara. Kurikulum 2013 menyadari peran penting bahasa Inggris tersebut.

Buku Guru Kelas 8 SMP dan MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan Semester 2 Mapel Bahasa Inggri ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, peserta didik diajak untuk berani mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peserta didik dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini sangat penting. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam berbagai bentuk kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.

Buku Guru Kelas 8 SMP dan MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan Semester 2 Mapel IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)

Buku Guru Kelas 8 SMP dan MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan Semester 2 Mapel IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) ini mengarahkan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran IPS, memiliki kemauan serta kemampuan untuk mencari dan memanfaatkan sumber-sumber belajar yang tersedia di baik di sekolah maupun di lingkungan sekitarnya. Fokus kajiannya diarahkan pada upaya mendorong siswa memahami serta memiliki pemahan tentang keunggulan wilayah, kekayaan sumberdaya alam, sumberdaya manusia, ataupun sumberdaya budaya yang kita miliki, serta pemanfaatannya. Pembelajaran IPS perlu diarahkan sampai membuat siswa terampil dan aktif dalam mengamati, menanya, menalar, mencoba, serta membentuk jaringan pengetahuan yang dikuasainya secara ilmiah (scientific). Sementara itu, proses pembelajarannya menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Pembelajaran Inkuiri, dan Pembelajaran Discovery. Dalam pembelajaran IPS, peran guru sangat penting untuk mengarahkan sekaligus menjadi pendorong/ motivator bagi aktivitas siswa dengan berbagai kegiatan yang dicontohkan dalam buku ini. Guru dapat dan bahkan sangat dianjurkan untuk memperkaya materi secara kreatif dalam bentuk kegiatan-kegiatan yang relevan yang bersumber dari lingkungan alam, sosial, maupun budaya yang ada di sekitar siswa. Pembahasan buku ini dibagi dalam dua bagian, yaitu Bagian-I, yang berisi Petunjuk Umum, dan Bagian-II, yang berisi Petunjuk Khusus.

Buku Guru Kelas 8 SMP dan MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan Semester 2 Mapel Matematika

Buku Guru Matematika Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 ini ditulis dengan berdasarkan pada materi dan kompetensi yang disesuaikan dengan standar internasonal tersebut. Terkait materi misalnya, sebagai tambahan, sejak kelas VIII telah diajarkan antara lain tentang bilangan, himpunan, aljabar dan penerapannya, perbandingan, geometri dan penyajian data. Keseimbangan antara matematika angka dan matematika pola dan bangun selalu dijaga. Kompetensi pengetahuan bukan hanya sampai memahami secara konseptual tetapi sampai ke penerapan melalui pengetahuan prosedural dalam pemecahan masalah matematika. Kompetensi keterampilan berikir juga diasah untuk dapat memecahkan masalah yang membutuhkan pemikiran order tinggi seperti menalar pemecahan masalah melalui permodelan, pembuktian dan perkiraan/pendekatan.

Buku Guru Kelas 8 SMP dan MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan Semester 2 Mapel PJOK (Pendidikan Olahraga, Jasmani, dan Kesehatan)

Pembelajaran PJOK yang termaktub dalam Buku Guru Kelas 8 SMP dan MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan Semester 2 Mapel PJOK ini dirancang berbasis aktivitas terkait dengan sejumlah jenis gerak jasmani/olahraga dan usaha-usaha menjaga kesehatan yang sesuai untuk peserta didik Kelas VIII SMP/MTs. Aktivitas-aktivitas tersebut dirancang untuk membuat peserta didik terbiasa melakukan gerak jasmani dan berolahraga dengan senang hati karena merasa perlu melakukannya dan sadar akan pentingnya menjaga kesehatan jasmani baik melalui gerak jasmani dan olahraga maupun dengan memperhatikan faktor-faktor kesehatan yang memengaruhinya.

Buku Guru Kelas 8 SMP dan MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan Semester 2 Mapel PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan)

Buku Guru Kelas 8 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) disusun untuk menjadi acuan Guru PPKn dalam rangka kegiatan-kegiatan sebagai berikut.
a. Merancang pembelajaran dari KI dan KD ke dalam bahan ajar, pendekatan, strategi, metode, dan model pembelajaran secara lebih inovatif, kreatif, efektif, efisien dan sesuai dengan kebutuhan, kapasitas, karakteristik dan sosial budaya daerah, sekolah/satuan pendidikan, dan peserta didik.
b. Memanfaatkan dan mengembangkan sumber belajar lebih kreatif, inovatif, efektif, efisien, dan kontekstual sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik serta kondisi sosial budaya daerah.
c. Merancang dan melaksanakan penilaian kompetensi peserta didik (aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan) secara utuh sesuai dengan prinsip sahih, objektif, adil, terpadu, terbuka, menyeluruh dan berkesinambungan, sistematis, beracuan kriteria, dan akuntabel.

Buku Guru Kelas 8 SMP dan MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan Semester 2 Mapel Prakarya

Sejarah Prakarya di Indonesia dimulai dari kegiatan nonformal yang bersinggungan dengan tradisi lokal yang memuat sistem budaya, teknologi lokal, serta nilai-nilai kehidupan sosial. Oleh karenanya, penataan pelajaran Prakarya pada Kurikulum 2013 seperti yang termaktub dalam Buku Guru Kelas 8 SMP dan MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan Semester 2 Mapel Prakarya ini berjalan mengikuti perubahan serta berpijak pada perkembangan IPTEK yang mendasarkan pada budaya lokal. Hal ini diajukan karena kekuatan local genius dan local wisdom masih unggul dan menjadi sistem nilai kerja pada setiap daerah sebagai potensi lokal. Konteks pendidikan kearifan lokal, pelajaran Prakarya berbasis budaya, diselenggarakan pada tingkat awal. Konten pendidikan Prakarya dari kearifan lokal berupa pendidikan: (1) tata nilai, sumber etika, dan moral dalam kearifan lokal, sekaligus sebagai sumber pendidikan karakter bangsa, (2) teknologi tepat guna yang masih relevan dikembangkan untuk menumbuhkan semangat pendidikan keterampilan proses produksi, dan (3) materi kearifan lokal.

Buku Guru Kelas 8 SMP dan MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan Semester 2 Mapel Seni Budaya

Mata pelajaran Seni Budaya merupakan mata pelajaran yang membahas mengenai karya seni estetis, artistik, dan kreatif yang ber­akar pada norma, nilai, perilaku, dan produk seni budaya bangsa melalui aktivitas berkesenian. Berdasarkan Buku Guru Kelas 8 SMP dan MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan Semester 2 Mapel Seni Budaya, mata pelajaran ini bertujuan mengembang­kan kemampuan siswa untuk memahami seni dalam konteks ilmu pengetahuan, teknologi, dan sosial sehingga dapat berperan dalam perkembangan sejarah peradaban dan kebudayaan, baik dalam tingkat lokal, nasional, regional, maupun global. Pembelajaran seni di tingkat pendidikan dasar dan menengah bertujuan mengembangkan kesadaran seni dan keindahan dalam arti umum, baik dalam domain konsepsi, apresiasi, kreasi, penyajian, maupun tujuan psikologis edukatif untuk pengembangan kepribadian siswa secara positif. Pendidikan Seni Budaya di sekolah tidak semata­mata dimaksudkan untuk membentuk siswa menjadi pelaku seni atau seniman namun lebih menitikberatkan pada sikap dan perilaku kreatif, etis, dan estetis.

Buku Guru Kelas 8 SMP dan MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan Semester 2 Mapel Pendidikan Agama dan Budi Pekerti


Pendidikan agama dan budi pekerti di Indonesia sejalan dengan keanekaragaman agama yang ada di tengah-tengah masyarakat. Oleh karena itu, mata pelajaran pendidikan agama dan budi pekerti disesuikan dengan jenis agama yang diakui di Indonesia. Berdasarkan hal tersebut, mapel pendidikan agama terbagi menjadi: Pendidikan Agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Khonghucu. Penambahan budi pekerti pada mapel pendidikan agama ditujukan supaya siswa tidak hanya kompeten dalam menjalankan ajaran agamanya tapi juga memiliki budi pekerti yang luhur dalam mengarungi kehidupan berbangsa dan bernegara di negara yang majemuk ini.

Tujuan penyusunan Buku Guru Kelas 8 SMP dan MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan Semester 2 Mapel Pendidikan Agama dan Budi Pekerti ini adalah memberikan panduan bagi Guru Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dalam merencanakan, melaksanakan, dan melakukan penilaian terhadap proses pembelajaran Pendidikan Agama Ialam dan Budi Pekerti. Dalam buku ini terdapat lima hal penting yang perlu mendapat perhatian khusus, yaitu proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedial, dan interaksi guru dan orang tua peserta didik.

Dengan demikian tujuan pembelajaran diharapkan dapat tercapai secara optimal dan selaras dengan tujuan pendidikan nasional yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga yang demokratis serta bertanggung jawab.

DOWNLOAD BUKU SISWA DAN GURU KELAS 8 SMP DAN MTs KURIKULUM 2013 REVISI 2017 SEMESTER 1 DAN SEMESTER 2

Bagian download dari tulisan ini disusun dengan pendekatan mata pelajaran. Buku-buku unduhan dibuat dalam format pdf sehingga memungkinkan pembaca untuk belajar dengan media tidak tercetak. Hal ini sesuai dengan semangat perkembangan teknologi yang memungkinkan mengakses bahan bacaan dalam platform digital.

Bagian download disusun berdasarkan jenis buku yang terdiri atas buku siswa dan buku guru. Berikut adalah tautan download-nya.

Download Buku Siswa Kelas 8 SMP - MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Semester 1 dan Semester 2
Buku Siswa Kelas 8 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Semester 1 dan Semester 2:
Download Buku Guru Kelas 8 SMP - MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Semester 1 dan Semester 2
Buku Guru Kelas 8 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Semester 1 dan Semester 2:

Posting Komentar untuk "Buku Siswa - Guru Kelas 8 SMP - MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017"