Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pedoman Sarana dan Prasarana PAUD

Buku Pedoman Sarana dan Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Pedoman sarana dan prasarana pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah pedoman yang diharapkan dapat memberikan gambaran tentang identifikasi kebutuhan sarana PAUD sesuai kategorisasi usia anak dan standar pengelolaan sarana dan prasarana PAUD yang meliputi penataan, perawatan dan rambu-rambu pengelolaan sarana dan prasarana PAUD.

Deskripsi Buku Pedoman

Dalam rangka mendukung penyelenggaraan PAUD yang berkualitas diperlukan penyediaan sarana dan prasarana yang memadai sesuai dengan standar PAUD dalam Permendiknas No 58 Tahun 2009. Hal ini sesuai dengan amanat dalam pasal 45 ayat 1 Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 bahwa setiap satuan pendidikan formal dan nonformal menyediakan sarana dan prasarana dan prasarana dan prasarana yang memenuhi keperluan pendidikan sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan potensi fisik, kecerdasan intelektual, sosial, emosional, dan kejiwaan peserta didik. Selanjutnya ditegaskan kembali dalam pasal 42 ayat 1 Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, bahwa setiap satuan pendidikan wajib memiliki sarana dan prasarana yang meliputi perabot, peralatan pendidikan, media pendidikan, buku dan sumber belajar lainnya, bahan habis pakai, serta perlengkapan lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan.

Namun kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa sarana dan prasarana PAUD yang disediakan oleh lembaga PAUD masih banyak yang belum sesuai dengan standar yang telah ditetapkan baik mengacu pada standar PAUD maupun Standar Nasional Indonesia (SNI-ISO 8124) tentang Standar Keamanan Mainan. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan pengetahuan yang dimiliki oleh sebagian besar stakeholders PAUD khususnya tenaga pendidik dan pengelola lembaga PAUD dalam menyediakan sarana dan prasarana PAUD yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan tersebut disusunlah Pedoman Sarana dan prasarana PAUD. Melalui pedoman ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang identifikasi kebutuhan sarana dan prasarana PAUD sesuai kategorisasi usia anak dan standar pengelolaan sarana dan prasarana PAUD yang meliputi penataan, perawatan dan rambu-rambu pengelolaan sarana dan prasarana PAUD.

Download

Buku Pedoman Sarana Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dapat didapatkan DI SINI
Buku Pedoman Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dapat didapatkan DI SINI

Posting Komentar untuk "Pedoman Sarana dan Prasarana PAUD"