Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Siswa Bahasa Arab untuk MI Kelas 1, 3, 4 ,5, 6 Kurikulum 2013 Terbaru 2020

Buku Siswa Bahasa Arab untuk MI Kelas 1, 3, 4 ,5, 6 Kurikulum 2013 Terbaru 2020

Buku siswa Bahasa Arab untuk MI ini diterbitkan bersama-sama dengan buku siswa MI yang lain seperti buku Fikih dan Al-Qur'an Hadis . Buku-buku tersebut merupakan buku pegangan wajib bagi siswa madrasah ibtidaiyah.

Bahasa Arab adalah bahasa yang penuturnya sangat banyak. Bahasa ini merupakan bahasa ibu orang-orang di negara-negara Timur Tengah sampai dengan Afrika bagian utara. Penutur bahasa Arab ini diperkirakan berjumlah 422 juta. Sebuah jumlah yang luar biasa. Bahasa ini juga merupakan salah satu bahasa resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Disamping aspek jumlah penutur, bahasa Arab juga merupakan bahasa liturgis yang dipergunakan oleh sekitar satu milyar delapan ratus juta umat muslim di seluruh dunia. Sebagai bahasa liturgis, bahasa Arab berarti bahasa yang digunakan pada kitab suci Al-Qur'an. Mengingat pentingnya posisi dan peran bahasa ini bagi umat Islam, maka mempelajarinya diharapkan dapat mempermudah umat Islam dalam mempelajari agamanya sendiri.

Di Indonesia, sekolah-sekolah formal berbasis agama Islam mengajarkan bahasa ini sejak dari jenjang sekolah tingkat dasar. Sesuai dengan perkembangan kurikulum, pembelajaran bahasa Arab diharapkan semakin efektif dengan pendekatan saintifik. Kurikulum 2013 dalam pembelajaran bahasa Arab di tingkat madrasah ibtidaiyah (MI) disesuaikan dengan memperhatikan kompetensi inti, kompetensi dasar, dan indikator pencapaian kompetensi untuk setiap bab.

Dewasa ini, buku tidak hanya berbentuk tercetak (printed version) saja, namun juga berbentuk elektronik atau yang lazim dikenal dengan sebutan ebook. Laman ini bermaksud membantu Anda yang hendak mencari versi elektronik dari Buku Siswa Bahasa Arab untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kelas 1,3,4,5, 5, 6 Semester 1 dan 2. Buku ini adalah terbitan dari Kementerian Agama Republik Indonesia.

Namun demikian, buku-buku tersebut masih berupa draft atau rancangan dan masih bersifat uji publik. Ia akan terus disempurnakan sampai menjadi versi final. Tapi buku tersebut sudah dapat digunakan untuk keperluan belajar mengajar. Masukan dari berbagai pihak semoga akan menjadikan buku tersebut menjadi lebih paripurna.

Buku Siswa Bahasa Arab untuk MI Kurikulum 2013 versi 2020 dapat di-download melalui tautan berikut:

Buku Siswa Bahasa Arab untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI) Semester 1 dan 2 Kelas 1
Buku Siswa Bahasa Arab untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI) Semester 1 dan 2 Kelas 3
Buku Siswa Bahasa Arab untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI) Semester 1 dan 2 Kelas 4
Buku Siswa Bahasa Arab untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI) Semester 1 dan 2 Kelas 5
Buku Siswa Bahasa Arab untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI) Semester 1 dan 2 Kelas 6

Posting Komentar untuk "Buku Siswa Bahasa Arab untuk MI Kelas 1, 3, 4 ,5, 6 Kurikulum 2013 Terbaru 2020"