Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Siswa-Guru Kelas 10 SMA-SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017

Buku Siswa-Guru Kelas 10 SMA-SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017

Buku siswa dan guru pada tulisan ini diperuntukkan bagi guru dan siswa kelas 10/X SMA atau MA dan SMK atau MAK. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013 dengan revisi tahun 2017.

SEKILAS BUKU SISWA DAN BUKU GURU KELAS 10 SMA/MA - SMK/MAK KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2017 SEMESTER 1 DAN SEMESTER 2


Buku guru dan buku siswa kelas 10 pada jenjang SMA - MA dan SMK - MAK dengan kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 ini merupakan buku pegangan atau buku rujukan bagi para guru dan siswa atau peserta didik yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Keberadaan buku guru dan buku siswa ini diharapkan dapat mewujudkan tujuan pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar SMA - MA dan SMK - MAK untuk masing-masing pelajaran yang terkait sesuai dengan panduan dasar kurikulum 2013 untuk SMA - MA dan SMK -MAK.

Buku sebagai salah satu fasilitas pembelajaran tentu saja tidak akan mencapai tujuannya secara optimal tanpa adanya interaksi yang baik dan sinergis antara guru dengan siswa atau peserta didik. Berdasarkan hal tersebut, para guru dianjurkan untuk tidak hanya sekadar mengajar saja namun juga memberikan motivasi kepada para siswa untuk terus giat belajar.

Lebih lanjut, buku-buku pada tulisan ini menggunakan kurikulum 2013 dengan edisi revisi tahun 2017. Meskipun telah mengalami revisi atau perbaikan, penulis tetap mengharapkan masukan supaya buku-buku tersebut terus disempurnakan mutunya. Pembaharuan isi buku memang menjadi tidak terelakkan karena konten buku itu sendiri merupakan refleksi dari keadaan yang ada di dunia nyata. Sebagaimana diketahui, perkembangan teknologi belakangan ini mengalami dinamisasi yang cepat dan disruptif. Sudah selayaknya bahwa buku pelajaran sebagai sebuah karya akademik bersifat visioner melampaui perkembangan jaman yang terus menerus berubah.

Satu hal lagi yang penting diutarakan dalam tulisan ini terkait dengan Buku Siswa dan Buku Guru Kelas 10 SMA/MA - SMK/MAK Kurikulum 2013 ini adalah bahwa tahun revisinya adalah tahun 2017. Sebagaimana diketahui bahwa kurikulum 2013 sendiri telah mengalami beberapa perubahan peraturan. Sebagai contoh adalah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013. Peraturan ini mengganti Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016. Hal yang patut dicatat dari perubahan peraturan tersebut adalah bahwa buku guru dan siswa dengan tahun revisi 2017 ini ada sebelum Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 itu ditetapakan. Namun demikian, hal tersebut tidak begitu signifikan terhdap konten buku guru dan siswa karena peraturan tersebut merujuk pada penambahan muatan mata pelajaran informatika saja. Dengan demikian, buku guru dan siswa untuk mata pelajaran informatika pada saat tulisan ini diunggah tentu saja belum tersedia. Lebih lanjut, Permendikbud Nomor 37 tersebut ditambah dengan Permendikbud Nomor 36 Tahun 2018 Tentang Kurikulum 2013 SMA - MA. Konten utama dari peraturan tersebut adalah sama dengan Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 yaitu tentang penambahan muatan mata pelajaran Informatika pada jenjang SMA atau MA.

Buku Siswa Kelas 10 SMA/MA - SMK/MAK Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Semester 1 dan Semester 2

Buku Siswa Kelas 10 SMA/MA - SMK/MAK Kurikulum 2013 merupakan buku acuan belajar bagi siswa atau peserta didik pada jenjang SMA atau MA kelas 10. Buku Siswa Kelas 10 SMA/MA - SMK/MAK Kurikulum 2013 yang diunggah pada tulisan ini menggunakan edisi revisi tahun 2017.

Buku siswa pada tulisan ini terdiri atas buku dari berbagai mata pelajaran yang diajarkan pada kelas 10 jenjang SMA atau madrasah aliyah (MA). Mapel tersebut meliputi: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Prakarya dan Kewirausahaan, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (Penjasorkes/PJOK), Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Seni Budaya, Sejarah Indonesia, dan Pendidikan Agama dan Budi Pekerti yang meliputi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti, Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti, Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti, Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti, dan Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti.

Buku Siswa untuk kelas 10 SMA - MA dan SMK - MAK ini berbeda dengan buku siswa untuk SMP/MTs baik kelas 7, 8, dan 9. Salah satu perbedaannya adalah pada jenis mata pelajaran. Tidak terdapat mata pelajaran seperti IPS dan IPA. Ada pula mata pelajaran yang mirip tapi ditambah namanya seperti Prakarya di jenjang sekolah menengah pertama menjadi Prakarya dan Kewirausahaan di jenjang sekolah menengah atas (SMA - MA dan SMK - MAK). Tentu saja terdapat perbedaan yang lain, terutama ada pada muatan isi bagi siswa jenjang sekolah menengah atas yang materinya merupakan materi yang lebih dalam dan lebih lanjut seperti halnya yang telah digariskan pada standar kompetensi lulusan untuk sekolah dasar dan menengah.

Buku siswa untuk kelas 10 kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 ini meliputi penggunaan semester 1 dan semester 2. Ada beberapa buku yang menggunakan hanya satu jilid untuk digunakan pada semester 1 dan semester 2. Ada pula buku untuk mata pelajaran tertentu yang terdiri atas dua buku untuk digunakan selama dua semester. Pertimbangan mengenai adanya satu buku dan dua buku untuk dua semester tentu saja didasarkan pada konten atau muatan yang terdapat secara spesifik pada mata pelajaran yang bersangkutan.

Buku Guru Kelas 10 SMA/MA - SMK/MAK Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Semester 1 dan Semester 2

Buku Guru Kelas 10 SMA/MA - SMK/MAK Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 merupakan buku yang dijadikan acuan bagi guru mata pelajaran yang bersangkutan dalam melaksanakan tugas mengajar. Buku guru ini juga merupakan petunjuk bagi guru dalam menggunakan buku siswa. Buku guru biasanya berisi hal-hal teknis yang dijadikan rujukan bagi guru mata pelajaran dalam melaksanakan tugas mengajar. Hal-hal tersebut meliputi standar kompetensi lulusan, kompetensi inti dan kompetensi dasar, materi bab yang diajarkan, kegiatan pembelajran, metode pembelajaran, model pembelajaran, penilaian, dan hal-hal lain yang sangat penting dalam operasional tugas mengajar.

Seperti halnya buku siswa, buku guru dalam tulisan ini juga meliputi berbagai mata pelajaran yang diajarkan pada jenjang kelas 10 SMA/MA - SMK/MAK yang terdiri atas Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Prakarya dan Kewirausahaan, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (Penjasorkes/PJOK), Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Seni Budaya, Sejarah Indonesia, dan Pendidikan Agama dan Budi Pekerti yang meliputi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti, Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti, Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti, Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti, dan Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti.

Berbeda dengan buku siswa dalam hal jumlah jilid yang digunakan untuk satu tahun pelajaran yang meliputi dua semester, buku guru semua terdiri atas satu jilid buku yang digunakan untuk dua semester, yaitu semester 1 dan semester 2. Pertimbangan satu jilid yang digunakan untuk satu tahun pelajaran mungkin saja terletak pada pertimbangan kepraktisan. Dengan hanya satu jilid buku tentu saja akan lebih ringkas dan praktis dibandingkan dengan menggunakan dua jilid buku. Pertimbangan yang lain juga mungkin dari segi ongkos, mengingat buku guru dan buku siswa adalah buku yang disubsidi oleh pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

DOWNLOAD BUKU SISWA DAN BUKU GURU KELAS 10 SMA/MA - SMK/MAK KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2017 SEMESTER 1 DAN SEMESTER 2

Bagi Anda guru, siswa, wali siswa, atau Anda yang berhubungan dengan buku kelas 10 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017, tulisan ini menyediakan fasilitas download atau unduhan. File atau berkas unduhan dibagi menjadi tipe atau jenis buku yang terdiri atas buku siswa dan buku guru. Pembagian berdasarkan semester (semester 1 dan semester 2) otomatis mengikuti jenis mata pelajaran tidak seperti klasifikasi download pada buku SD - MI Kurikulum 2013 dimana pembagian semester berdasarkan tema menjadi sangat vital.

Berikut adalah file atau berkas unduhan buku siswa dan buku guru kelas 10 SMA/MA - SMK/MAK Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Semester 1 dan Semester 2.

Buku Siswa Kelas 10 SMA/MA - SMK/MAK Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Semester 1 dan Semester 2

Buku Guru Kelas 10 SMA/MA - SMK/MAK Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Semester 1 dan Semester 2

Demikian tulisan ini diunggah sebagai sarana bagi Anda untuk mendapatkan buku siswa dan guru kelas 10 SMA - MA dan SMK - MAK Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jika terdapat kesalahan mohon kiranya untuk memberikan masukan atau umpan balik melalui kolom komentar di bawah.

Posting Komentar untuk "Buku Siswa-Guru Kelas 10 SMA-SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017"